Share

3 Tokoh Anti Rasis Terkenal di Dunia, Ada Nelson Mandela!

Almas Taqiyya, Litbang Okezone · Rabu 08 Juni 2022 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 18 2607253 3-tokoh-anti-rasis-terkenal-di-dunia-ada-nelson-mandela-KI0CzuytMk.jpg Ilustrasi rasisme (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Sejak dulu, banyak tokoh yang telah menyerukan gerakan antirasis dan berusaha untuk menghilangkan rasisme. Berikut beberapa tokoh terkenal antirasis di dunia.

1. Nelson Mandela

Nelson Mandela terkenal dengan gerakannya yang menentang rasisme. Dalam salah satu kutipan perkataannya, ia beranggapan rasisme bukan hanya merendahkan korbannya, tapi juga ikut merendahkan pelakunya.

 Baca juga: Bos WHO Dituduh Rasis, Hina Staf Berdasarkan Kebangsaan

Salah satu pidato Nelson Mandela berbunyi seperti ini:

“Kita harus memastikan bahwa warna, ras, dan jenis kelamin hanya menjadi hadiah yang diberikan Tuhan kepada kita masing-masing dan bukan tanda atau atribut yang tidak terhapuskan yang memberikan status khusus kepada siapa pun.”

Baca juga: Penembakan di Supermarket New York Tewaskan 10 Orang dan 3 Terluka, Diduga Bermotif Rasis 

2. Uskup Desmond Tutu

Desmond Tutu merupakan tokoh hati nurani Afrika Selatan. Ia memperjuangkan antisistem rasis pemerintahan kulit putih di negaranya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa sistem apartheid memang telah menindas masyarakat mayoritas kulit hitam.

Kendati Afrika Selatan telah meraih demokrasi di tahun 1994, Tutu tetap melanjutkan perjuangannya. Tutu meraih penghargaan Nobel Perdamaian pada 1984 atas usahanya menyuarakan anti kekerasan dan penindasan masyarakat kulit putih. Bahkan, ia masih tetap semangat menghadiri kebaktian di Katedral St. George di Cape Town walau kondisi badannya terus melemah.

3. Martin Luther King Jr.

“I Have a Dream” merupakan pidato Martin Luther King Jr. yang paling terkenal. Pidato tersebut ia lakukan di depan 250.000 orang yang melakukan aksi protes untuk keadilan rasisme.

Ia juga aktif memperjuangkan hak-hak orang berkulit hitam sejak tahun 1955. Hal ini tercatat dalam situs Nobel Prize. Martin Luther King Jr. mendapat The Nobel Peace Prize pada tahun 1964.

Martin Luther King Jr. sendiri memang menganut ajaran Mahatma Gandhi untuk tidak melakukan kekerasa. Sayangnya pada tahun 1968, ia dibunuh dengan tindak rasisme.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini