Share

Putin Semakin Terpukul, Ini 6 Jenderal Rusia yang Tewas di Perang Ukraina

Susi Susanti, Okezone · Rabu 08 Juni 2022 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 18 2607787 putin-semakin-terpukul-ini-6-jenderal-rusia-yang-tewas-di-perang-ukraina-XGK1AUdxDP.jpg Jenderal Rusia kembali dilaporkan tewas di Perang Ukraina (Foto: The Moscow Times)

RUSIA – Perang Rusia-Ukraina sudah memasuki hari ke-100 dan masih terus membara di medan pertempuran. Yang terbaru dilaporkan salah satu jenderal tinggi Rusia kembali 'tumbang' di medan perang.

Alexander Sladkov, reporter stasiun televisi Rossiya 1 melaporkan Mayor Jenderal Roman Kutuzov tewas saat memimpin serangan ke sebuah permukiman Ukraina di kawasan Donbas.

Baca juga: Satu Lagi 'Tumbang', Daftar Jenderal Rusia yang Tewas Semakin Panjang

1. Yakov Rezantsev

Letnan Jenderal Yakov Rezantsev dilaporkan tewas akibat serangan Ukraina di pangkalan udara Chornobaivka dekat Kota Kherson.

Pangkatnya dinaikkan menjadi letjen tahun lalu, dan pernah menjabat sebagai komandan pasukan ke-49 di daerah selatan Rusia. Dia disebut-sebut pernah berperan dalam operasi militer Rusia di Suriah.

 Baca juga: Putin Semakin Terpukul, Ini 4 Jenderal Rusia yang Tewas Terbunuh di Perang Lawan Ukraina

2. Oleg Mityaev

Mayor Jenderal (Mayjen) Oleg Mityaev dilaporkan tewas dekat Mariupol, kota di sebelah tenggara Ukraina yang bertahan dalam kepungan Rusia.

Resimen Azov Ukraina disebut sebagai pihak yang membunuhnya.

Mityaev adalah komandan divisi senapan mesin ke-150, sebuah unit yang baru dibentuk pada 2016 dan bermarkas di kawasan Rostov yang dekat dengan perbatasan Ukraina.

Ukraina mengklaim unit itu dibentuk untuk ambil bagian dalam konflik di kawasan separatis sebelah timur negara tersebut. Namun, Rusia membantah militernya terlibat pertempuran di sana.

3. Andrei Kolesnikov

Mayor Jenderal Andrei Kolesnikov dari pasukan gabungan ke-29 dibunuh dalam pertempuran pada 11 Maret, menurut sumber resmi Ukraina.

Rincian mengenai kematiannya tidak diungkap.

Kolesnikov adalah jenderal Rusia ketiga yang tewas di Ukraina. Seorang pejabat negara Barat mengatakan kepada kantor berita Press Association bahwa berita kematian Kolesnikov menurunkan moril pasukan Rusia. Sehingga itu sebabnya perwira tinggi militer Rusia semakin sering maju ke lini depan pertempuran.

4. Andrey Sukhovetsky

Mayor Jenderal Andrey Sukhovetsky, adalah wakil komandan unit yang sama dengan Mayjen Vitaly Gerasimov. Sukhovetsky dilaporkan dibunuh oleh penembak runduk (sniper) pada 3 Maret.

Seperti Gerasimov, Sukhovetsky berperan dalam operasi militer Rusia di Krimea dan Suriah.

Namun tidak seperti jenderal-jenderal lainnya, kematian Sukhovetsky dilaporkan media Rusia. Bahkan, Presiden Vladimir Putin mengonfirmasi dalam pidatonya bahwa seorang jenderal telah tewas di Ukraina.

5. Roman Kutuzov

Mayjen Roman Kutuzov tewas saat memimpin serangan ke sebuah permukiman Ukraina di kawasan Donbas.

Mayjen Kutuzov mengomandani pasukan dari Republik Rakyat Donetsk—wilayah yang proklamasi kemerdekaannya diakui Rusia. Kementerian Pertahanan Rusia belum mengomentari laporan tersebut.

6. Vitaly Gerasimov

Menurut kementerian pertahanan Ukraina mengatakan Mayor Jenderal Vitaly Gerasimov, kepala staf tentara gabungan ke-41 Rusia, tewas pada 7 Maret di luar kota timur Kharkiv.

Kharkiv, yang dekat dengan perbatasan Rusia, mendapat serangan berkelanjutan dari pasukan Rusia.

Militer Ukraina merilis rekaman dari apa yang dikatakan dua pejabat dinas keamanan Rusia yang membahas kematian Gerasimov, dan mengeluh bahwa jaringan komunikasi aman mereka tidak lagi berfungsi di Ukraina.

Gerasimov terlibat dalam perang Chechnya kedua, operasi militer Rusia di Suriah, dan dalam pencaplokan Krimea oleh Rusia pada 2014.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini