Share

Ukraina Larang Musik hingga Buku Rusia di Media dan Ruang Publik

Susi Susanti, Okezone · Senin 20 Juni 2022 06:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 18 2614423 ukraina-larang-musik-hingga-buku-rusia-di-media-dan-ruang-publik-RrVtMzN11g.jpg Ukraina larang musik hingga buku Rusia (Foto: Story Ukraine)

UKRAINA - Parlemen Ukraina telah memberikan suara mendukung pelarangan beberapa musik Rusia di media dan ruang publik.

Larangan itu tidak akan berlaku untuk semua musik Rusia, melainkan berkaitan dengan musik yang dibuat atau dibawakan oleh mereka yang merupakan atau merupakan warga negara Rusia setelah tahun 1991.

Seniman yang mengutuk perang Rusia di Ukraina dapat mengajukan permohonan pengecualian dari larangan tersebut. Impor buku dari Rusia dan Belarusia juga akan dilarang berdasarkan undang-undang.

Banyak dari mereka yang tinggal di wilayah timur dan selatan Ukraina secara historis merasakan hubungan yang kuat dengan Rusia, sering kali menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa pertama mereka.

 Baca juga: Putin Kecam Barat dan Tegaskan Akhir dari Era Dunia Unipolar

Namun invasi Rusia ke Ukraina telah membuat banyak warga Ukraina ingin memisahkan diri dari budaya Rusia.

Baca juga:  NATO dan PM Inggris: Dukungan Barat untuk Ukraina Tidak Boleh Berhenti, Cegah Agresi Rusia di Masa Depan

RUU tersebut, yang disetujui oleh anggota parlemen pada Minggu (19/6/2022), melarang beberapa musik Rusia diputar atau ditampilkan di televisi, radio, sekolah, transportasi umum, hotel, restoran, bioskop, dan ruang publik lainnya.

Aturan baru ini mendapatkan dukungan dari 303 dari 450 deputi di parlemen Ukraina.

Dokumen itu mengatakan larangan itu akan "meminimalkan risiko kemungkinan propaganda permusuhan melalui musik di Ukraina dan akan meningkatkan volume produk musik nasional di ruang budaya," lapor BBC Monitoring.

Larangan akan berlaku untuk musisi yang memiliki atau memiliki kewarganegaraan Rusia setiap saat setelah tahun 1991 - tahun Ukraina mendeklarasikan kemerdekaan - kecuali bagi mereka yang merupakan warga negara Ukraina atau pada saat kematian mereka.

Artinya, karya-karya komposer Rusia yang sudah lama meninggal seperti Tchaikovsky dan Shostakovich masih bisa dipentaskan.

Artis Rusia yang mengutuk perang di Ukraina dapat mengajukan pengecualian untuk musik mereka dengan mengirimkan aplikasi ke dinas keamanan Ukraina.

BBC Ukraina Service mengatakan di dalamnya, mereka harus menyatakan bahwa mereka mendukung kedaulatan dan integritas Ukraina, menyerukan Rusia untuk segera menghentikan agresinya terhadap Ukraina, dan berjanji untuk menahan diri dari setiap langkah yang bertentangan dengan pernyataan tertulis ini.

Dokumen tersebut juga mencakup undang-undang untuk meningkatkan porsi lagu Ukraina yang diputar di radio hingga 40%, serta meningkatkan penggunaan bahasa Ukraina dalam program harian hingga 75%, lapor penyiar publik Ukraina (Suspilne).

Sementara itu, dalam undang-undang paralel yang mempengaruhi musik, buku-buku yang diimpor dari Rusia, Belarusia, dan wilayah Ukraina yang diduduki juga akan dilarang, serta materi dalam bahasa Rusia yang diimpor dari negara lain.

Undang-undang ini akan melarang penerbitan dan pendistribusian buku-buku yang ditulis oleh warga negara Rusia (dengan pengecualian serupa untuk musik) meskipun ini tidak akan berlaku untuk buku-buku yang sudah diterbitkan di Ukraina.

Selain itu, terjemahan buku hanya akan diterbitkan dalam bahasa Ukraina, bahasa resmi Uni Eropa (UE), atau bahasa asli Ukraina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini