Share

Waspada Banjir Rob di Wilayah Pesisir Utara Jawa Tengah

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 21 Juni 2022 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 512 2615194 waspada-banjir-rob-di-wilayah-pesisir-utara-jawa-tengah-1B2aQJXTUi.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir atau rob yang berpotensi terjadi di wilayah Pesisir Utara Jawa Tengah. Peringatan dini ini berlaku pada 21 Juni 2022 pukul 13.00-16.00 WIB.

“Peringatan dini banjir pesisir (Rob) berlaku tanggal 21 Juni 2022 jam 13.00 - 16.00 WIB. Mohon menjadi perhatian bagi wilayah pesisir yang biasa terdampak banjir Rob untuk dapat diantisipasi,” ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Retno Widyaningsih dalam keterangannya, Selasa (21/6/2022).

Retno pun mengungkapkan potensi banjir rob ini disebabkan adanya aktivitas pasang air laut dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Pantai Utara Jawa Tengah berupa banjir pesisir.

“Masyarakat pesisir pantai diimbau waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan fenomena banjir pesisir atau rob ini,” paparnya.

Selain itu, Retno mengatakan adanya potensi terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Banjir Pesisir serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” imbau Retno.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini