Share

Promosikan Destinasi Wisata dan Kuliner, Bupati Kaur Buka Festival Gurita dan Surfing Competition 2022

Karina Asta Widara , Okezone · Rabu 22 Juni 2022 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 1 2616311 promosikan-destinasi-wisata-dan-kuliner-bupati-kaur-buka-festival-gurita-dan-surfing-competition-2022-G29aqXYET5.jpg Acara festival Gurita dan Surfing Competition 2022 bertempat di destinasi wisata Putri Pinang Tawar Desa Pengubaian Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur/ Dok: Pemkab Kaur

KAUR- Bupati Kabupaten Kaur Lismidianto, S.H,. M.H secara resmi membuka acara Festival Gurita dan Surfing Competition  2022, bertempat di destinasi wisata Putri Pinang Tawar Desa Pengubaian Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur, Rabu (22/6/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur yang di motori oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, sekaligus menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur untuk mempromosikan destinasi wisata dan kuliner atau makan khas Kabupaten Kaur.

"Harapan kami setelah berkunjung ditempat ini dan menikmati kuliner yang ada di Kabupaten Kaur ini, agar kiranya masyarakat atau wisatawan lokal maupun di luar Kabupaten Kaur untuk bercerita dan menceritakan pengalamannya kepada sanak famili kalian tentang makanan khas dan keindahan wisata yang diniliki Kabupaten Kaur," ujar Lismidianto.

Selain itu Bupati juga berharap Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Pemerintah Pusat memberikan respon positif dan tindakan yang nyata dalam membantu Penerintah Daerah Kabupaten Kaur untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kaur.

" Kami harap Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk bersinergi untuk mendukung pengembangan dan peningkatan sektor pariwisata dan UMKM yang ada di Kabupaten Kaur khususnya dan umumnya Provinsi Bengkulu.Serta harapan kami event festival gurita ini bisa di masukkan dalam salah satu event kharisma nusantara," kata Bupati Kaur diakhir sambutanya sebelum membuka acara tersebut.

Selain Bupati Kabupaten Kaur, acara ini dihadiri langsung Oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang diwakili Oleh Koordinator Event Wilayah I Kalimantan, Sumatera dan Jawa Tridiana Tikupasang, Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang diwakili Oleh Direktur Penataan Ruang Laut Suhendar, Kementerian Kemaritiman dan Investasi RI, Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin, Anggota Komisi X DPR RI Dewi Choriyati, Tim Museum Rekor Indonesia (MURI) Triyono dan Rahmad Sudarmadji, Wakil Bupati Kaur Herlian Muchrim, Sekretaris Daerah Ersan Syahfiri, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Kepala OPD, Unsur Forkopimda, Camat, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat didalam Pemerintahan Kabupaten Kaur.

Pecahkan Rekor Muri

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kaur Yasman, M. Pd menyampaikan laporan terkait kegiatan festival gurita dan surfing competition tahun 2022. Pemda Kabupaten Kaur pecahkan rekor dunia memasak sate sebanyak 10.500 tusuk dalam festival tersebut.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk menjadikan Kabupaten Kaur ini sebagai tujuan wisata lokal, nasional dan mancanegara dan juga mempromosikan kuliner khas serta meningkatkan industri kreatif dan UMKM yang ada di Kabupaten Kaur,"ujar Yasman.


Selanjutnya dia juga mengatakan disamping festival gurita kegiatan ini juga akan di adakan perlombaan surfing yang akan digelar di pantai Pengubaian Kabupaten Kaur.

" Selain Festival Gurita untuk memecahkan rekor MURI 10.000 tusuk sate, kita juga mengadakan lomba surfing yang merupakan kegiatan surfing perdana yang diikuti oleh peserta diseluruh Pulau Sumatera," kata Yasman.

Dengan dipecahkan rekor sate gurita ini, masyarakat Kaur berharap gurita Kaur bisa mendunia serta membawa dampak yang positif untuk kesejateraan masyarakat disana. Pasalnya selama ini penjualan gurita hasil tangkap nelayan disana hanya dijual sebatas tingkat Kabupaten Kaur dan belum secara nasional. Tak hanya itu saja, warga disana juga berharap para pengrajin usaha kerupuk gurita dapat diberikan fasilitas pengembangan usaha oleh Pemerintah.

Sehubungan dengan hal ini, Koordinator Event Wilayah I Sumatera, Jawa dan Kalimantan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengatakan bahwa Kemenparekraf menyambut baik kegiatan event yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur yang merupakan langkah awal dalam mengembangkan sektor Pariwisata dan industri kreatif di Kabupaten Kaur.

" Sebelumnya kami menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Menteri Parekraf yang belum bisa hadir dalam kegiatan ini, namun dalam hal ini kami sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan event gurita ini yang nanti akan menjadi pertimbangan bagi kami untuk membantu mengembangkan destinasi wisata dan kuliner khas Kabupaten Kaur ditingkat nasional," ujar Tridiana.

Senada dengan hal itu Anggota Komisi X DPR RI Dewi Choryati juga mengatakan bahwa Komisi X DPR RI yang bekerja sama dengan Kemenparekraf RI siap melakukan yang terbaik untuk mendukung dan membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur dalam mengembangkan Pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Kaur.

" Kami akan menyampaikan langsung terkait hal ini kekementerian Parekraf agar dapat ditanggapi dengan serius, apalagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan penyumbang Pendapatan Nasional terbesar ketiga di Indonesia, begitu juga hendaknya di Kabupaten Kaur ini sektor Pariwisata dan UMKM menjadi sektor unggulan terbesar dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) nantinya," kata Dewi.

Sedangkan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menegaskan akan terus berjuang agar sektor Pariwisata dan UMKM di Provinsi Bengkulu terus berkembang dan meningkat serta di kenal dan diakui di level Nasional dan Internasional.

" Kami siap berjuang dan membantu niat baik dari Bupati dan Wakil Bupati Kaur serta Pemerintah Daerah dalam memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Kaur ini, namun saya berpesan agar Pemerintah Daerah melalui dinas terkait membuat dokumen, data serta perencanaan yang matang untuk diajukan kepemerintah pusat agar ditindak lanjuti dengan serius, selain itu terus melakukan kolaborasi antar daerah, provinsi dan pemerintah pusat,"ujar Sultan. B. Najamudin.

(CM)

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini