Share

Salah Panggil, Gedung Putih Sebut Presiden ke PM Spanyol

Susi Susanti, Okezone · Rabu 22 Juni 2022 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 18 2616196 salah-panggil-gedung-putih-sebut-presiden-ke-pm-spanyol-VvRqts60aP.jpg Gedung putih memanggil PM Spanyol dengan sebutan Presiden dalam dokumen pembacaan telepon (Foto: Gedung Putih)

SPANYOL - Gedung Putih pada Selasa (21/6/2022) berulang kali menyebut Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez sebagai "Presiden" Spanyol, dalam dokumen pembacaan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menjelang KTT NATO mendatang di Madrid. Spanyol diketahui telah menjadi monarki konstitusional selama hampir 50 tahun.

Ada total tiga referensi untuk Sanchez sebagai "Presiden" Spanyol, sekali di judul dan dua kali di dokumen yang diterbitkan pada Selasa (21/6/2022) malam. Selain membahas pertemuan NATO yang dijadwalkan akan dimulai pada 29 Juni mendatang, Biden juga berterima kasih kepada Spanyol karena memberikan “bantuan keamanan dan kemanusiaan” ke Ukraina.

Baca juga:  Spanyol Alami Gelombang Panas Terpanas dalam 20 Tahun

Sanchez memang memiliki "Presidente del Gobierno de España" (presiden pemerintah Spanyol) di biografi Twitter-nya, tetapi terjemahan tradisional dari jabatannya adalah "perdana menteri," mengingat kepala negara Spanyol adalah Raja Felipe VI.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang juga berbicara dengan Sanchez pada Selasa (21/6/2022), dengan tepat menyebutnya sebagai perdana menteri.

Baca juga: Unik, Warga Spanyol Sering Gelar Festival Lempar Bangkai Tikus 

Spanyol menjadi monarki sekali lagi pada 1975, setelah kematian Generalissimo Francisco Franco, yang memerintah sebagai diktator setelah perang saudara 1936-39. Raja Juan Carlos I dari dinasti Bourbon mengawasi masuknya Spanyol ke NATO pada 1982 dan Uni Eropa pada 1986. Dia turun tahta pada 2014 demi putranya Felipe Juan Pablo Alfonso de Todos los Santos de Borbón y Grecia, yang secara resmi dikenal sebagai Raja Felipe VI.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini