Share

KM Fajar Nusantara Tenggelam di Perairan Sumenep

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 22 Juni 2022 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 340 2616462 km-fajar-nusantara-tenggelam-di-perairan-sumenep-R54Cg2tuRi.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

SUMENEP - Kapal Motor (KM) Fajar Nusantara tujuan Tanjung Perak Surabaya, menuju Balikpapan, Kalimantan Timur, tenggelam di perairan Pulau Sapudi, Sumenep, Jawa Timur, Selasa 21 Juni sekitar pukul 21.14 WIB. Dalam peristiwa itu sebanyak 14 kru kapal selamat.

"Ke-14 kru kapal itu ditolong oleh nelayan Penarokan, Situbondo dan langsung dibawa ke dermaga Pelabuhan Panarukan. Hasil konfirmasi kami, mereka semuanya selamat," kata Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti dilansir Antara, Rabu (22/6/2022).

Kapal dengan volume 445 gross tonnage (GT) bermuatan barang campuran dan membawa 14 kru tenggelam karena mengalami kebocoran lambung.

Lokasi kecelakaan pada 07°09’08.1” lintas selatan / 114°15’55.1” bujur timur atau sebelah barat Pulau Sapudi.

Widiarti menuturkan, kecelakaan laut di Perairan Pulau Sapudi, Sumenep itu diketahui, berdasarkan informasi yang disampaikan nelayan.

Baca juga: Kapal Tenggelam Setelah Tersambar Petir, Tim SAR Evakuasi Jasad Nelayan

Polres Sumenep selanjutnya melakukan konfirmasi pos SAR Basarnas Kalianget, Sumenep dan membenarkan adanya kecelakaan laut tersebut.

"Tadi pagi tim gabungan dari polisi, TNI dan BPBD Pemkab Sumenep hendak melanjutkan pencarian, tapi ternyata para kru kapal sudah diselamatkan oleh nelayan," kata Widi, menjelaskan.

Baca juga: Tersisa 15 Orang, Basarnas Sulsel Tutup Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi

Kecelakaan kapal laut kali ini merupakan kali ketiga dalam kurun waktu dua bulan terakhir ini.

Sebelumnya, pada 5 Mei 2022, KM Sabuk Nusantara 91 kandas di Pulau Setabok, Kepulauan Sapeken, setelah menabrak karang di perairan itu. Tidak ada korban dalam musibah itu.

Lalu pada 23 Mei 2022, KM Anugrah Ilahi tenggelam di Perairan Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sekitar pukul 12.30 WIB, karena lambung kapal mengalami kebocoran. Tiga orang kru kapal selamat dengan cara membuat rakit dari papan dan benda yang mengapung lainnya hingga akhirnya tertolong oleh nelayan setempat.

Baca juga: Diterjang Gelombang Tinggi, Kapal Nelayan Tenggelam di Pantai Suak Damar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini