Share

Varian Baru Omicron di Jabar Terdeteksi 17 Kasus, Ridwan Kamil: Masih Terkendali

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Rabu 22 Juni 2022 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 525 2616013 varian-baru-omicron-di-jabar-terdeteksi-17-kasus-ridwan-kamil-masih-terkendali-AQP9XtTE2W.jpg Ridwan Kamil. (Foto: Dok Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG – Kasus penularan subvarian Omicron atau BA.4 dan BA.5 di Provinsi Jawa Barat terdeteksi sebanyak 17 kasus. Meski begitu, Pemprov Jabar menegaskan bahwa kasus tersebut masih terkendali.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengungkapkan, kasus penularan terdeteksi di sejumlah kota di Jabar.

"Subvarian di Jabar ada 17 kasus," ungkap Ridwan Kamil di Gedung Sate, Rabu (22/6/2022).

Menurutnya, kasus subvarian Omicron yang terdeteksi di Jabar memang masih terkonsentrasi di wilayah perkotaan.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menyatakan bahwa risiko penularan subvarian Omicron di Jabar masih terkendali. Meski begitu, dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap risiko penularan.

Baca juga: Ridwan Kamil Tutup Rangkaian Doa Bersama untuk Eril: Kami Haturkan Terima Kasih

"88 persen adanya di Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bandung, tapi masih dalam rentang kendali rumah sakit sudah di angka 1 persen, kira kira masih baik," kata dia.

Sementara itu, Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jabar, Dewi Sartika mengatakan, jumlah total kasus BA.4 dan BA.5 di Jabar sudah sesuai dengan pernyataan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Menurut Dewi, pasien subvarian Omicron di Jabar sudah ditangani oleh tim medis. Dewi juga menyatakan bahwa pada dasarnya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 tidak begitu mematikan seperti varian virus Covid-19 lainnya.

"Jadi kalau memang dia positif ya tinggal diisolasi. Kan gejala BA.4 atau BA.5 memang gejala relatif ringan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini