Share

BNN: Jalur Laut Belitung Rawan Penyelundupan Narkoba

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 27 Juni 2022 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 340 2619222 bnn-jalur-laut-belitung-rawan-penyelundupan-narkoba-wR0kA6e8Zb.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

BELITUNG - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan, jalur laut daerah itu rawan dari tindakan penyelundupan dan peredaran gelap narkoba.

"Kami bersama dengan pihak penegak hukum dan seluruh komponen memaksimalkan pengawasan di jalur perairan atau Laut Belitung karena cukup rawan sebagai akses penyelundupan dan peredaran gelap narkoba," kata Kepala BNNK Belitung Nasrudin dilansir Antara, Senin (27/6/2022).

Hal ini dibuktikan dari sejumlah kasus peredaran narkoba yang berhasil diungkap di daerah itu sebagian besar barang haram itu dipasok dari luar daerah melalui jalur laut.

Baca juga: PBB: Perang Rusia-Ukraina Dapat Picu Produksi Narkoba Ilegal Terus Merajalela

Menurut dia, potensi penyelundupan dan peredaran gelap narkoba melalui jalur laut di Belitung cukup tinggi karena sebagai daerah dengan garis pantai yang cukup panjang.

"Potensi orang yang ingin menjadikan Belitung sebagai pasar narkoba pasti datang dari luar Belitung dan jalur yang harus kita waspadai adalah melalui jalur perairan atau laut," ujarnya.

Baca juga: BNN: Pengguna Narkoba di Indonesia Naik Selama Pandemi

Ia mengatakan, guna mencegah terjadinya tindakan penyelundupan dan peredaran gelap narkoba melalui jalur laut tersebut, mereka meningkatkan sinergi lintas sektor bersama instansi terkait.

"Di antaranya Bea Cukai, TNI AL, dan Satpolairud dan seluruh pemangku kepentingan yang memiliki tupoksi di daerah perairan kami ajak bersama untuk menangani dan pecahkan masalah ini," katanya.

Ia menambahkan, selain itu, pihaknya juga mewaspadai potensi kerawanan penyelundupan dan peredaran gelap narkoba di daerah itu melalui jalur darat maupun udara.

"Kami terus memetakan dan mengantisipasi potensi kerawanan-kerawanan itu," ujarnya.

Baca juga: Terlibat Peredaran Narkoba di Ambon, Oknum Anggota Polisi Ditangkap

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini