Share

Motor Diklaim Tidak Populer di AS, Ini 6 Alasannya

Susi Susanti, Okezone · Selasa 28 Juni 2022 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 18 2619582 motor-diklaim-tidak-populer-di-as-ini-6-alasannya-q8k53kT6w9.jpg Ilustrasi motor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jika Anda tidak mampu membeli dan merawat mobil, sepeda motor adalah alternatif yang murah dan memuaskan. Laporan dari tahun lalu menunjukkan bahwa penjualan sepeda motor naik hampir 20% dibandingkan 2020.

Meski mengesankan, angka tersebut tidak mengimbangi fakta bahwa penjualan sepeda motor telah menurun selama bertahun-tahun.

Beberapa pengendara motor mungkin terkejut mengetahui bahwa pelanggan AS tidak membeli sebagian besar sepeda motor di dunia. Mengapa demikian? Ini 6 alasanya.

Baca juga:  Intip Sepeda Motor Listrik Buatan Dalam Negeri Alessa eX3000, Enggak Kalah Keren!

1. Populasi lebih kecil

Motorcycle Monarch menunjukkan bahwa total populasi Amerika tertinggal di belakang dua negara lain yakni India dan Cina. Meskipun luas permukaan yang lebih besar di tanah Amerika, penduduknya jauh lebih sedikit daripada negara lain.

Baca juga: 5 Juta Sepeda Motor Terjual di Indonesia Selama 2021, Tahun Ini Targetnya Berapa?

Itu sebabnya lebih banyak orang Amerika memiliki mobil karena ada lebih banyak ruang untuk parker.

Warga di China dan India sering tinggal berdekatan satu sama lain dan lebih memilih kendaraan yang lebih kecil.

2. Area antara infrastruktur

Di negara-negara dengan populasi padat, kebanyakan orang dapat berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja mereka dalam beberapa menit. Itu tidak terjadi di AS. Menurut TitleMax, rata-rata komuter A.S. membutuhkan lebih dari 26 menit untuk sampai ke tempat kerja. Dan itu jika Anda bepergian dengan mobil.

Banyak orang juga menggunakan jalan raya untuk pergi bekerja atau terjebak dalam lalu lintas kota yang lambat. Komuter dengan mobil hanyalah pilihan yang lebih nyaman.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

3. Perbedaan iklim dan cuaca secara umum

Motorcycle Monarch mengatakan dapat memakan waktu hingga 20 mil untuk mencapai tujuan Anda di daerah perkotaan mana pun. Mengemudi di suhu hangat memang menyenangkan, tetapi bagaimana dengan di musim dingin? Kebanyakan orang tidak menyukai gagasan mengemudi 50 mph dengan sepeda motor di musim dingin, benar-benar terkena angin yang dingin t dan kemungkinan salju.

4. Masalah keamanan dengan sepeda motor

Meskipun sepeda motor memiliki beberapa fitur keselamatan canggih, itu hanya segelintir dibandingkan dengan apa yang akan Anda temukan di mobil modern. Sepeda motor pada dasarnya kurang aman karena tidak ada banyak lembaran logam untuk melindungi Anda dalam tabrakan.

Menurut data terakhir, peluang Anda untuk terlibat dalam kecelakaan sepeda motor yang mematikan adalah 22 kali lebih besar dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Karena Anda tidak memiliki sabuk pengaman, Anda harus selalu mengenakan helm dan beberapa perlengkapan pelindung lainnya.

5. Ruang terbatas untuk sepeda motor

Beberapa orang AS lebih memilih mobil daripada sepeda motor karena mobil menawarkan lebih banyak area kargo. Kecuali Anda hanya mendapatkan satu atau dua item sekaligus, sepeda motor tidak ada gunanya untuk perjalanan ke toko.

6. Lebih sedikit orang yang punya lisensi

Di sebagian besar negara bagian, mendapatkan lisensi sepeda motor Anda membutuhkan waktu lebih lama daripada mendapatkan SIM sederhana. Banyak negara bagian memerlukan SIM terlebih dahulu, jadi Anda tetap harus belajar mengemudikan mobil.

Sebagian besar pengemudi, berapa pun usianya, perlu memegang izin pelajar sepeda motor sebelum mendapatkan izin tidak terbatas. Itu biasanya 65 jam latihan mengemudi, dan 15 di antaranya harus diawasi. Setelah menyelesaikan pelatihan Anda, Anda juga harus lulus tes pengetahuan sepeda motor dan kursus keselamatan. Kursus keselamatan tidak seperti tes jalan pengemudi biasa, yakni biasanya sembilan jam latihan berkuda dan waktu kelas.

Faktor terakhir itu, dikombinasikan dengan kecemasan tentang masalah keselamatan, membuat sebagian besar calon pengendara sepeda motor menjauh. Meskipun sepeda motor memang lebih murah daripada banyak mobil, harganya masih bisa mahal untuk kendaraan roda dua. Ducati adalah salah satu pelanggar terburuk, dengan satu model berharga lebih dari USD28.000 (Rp415 juta).

Karena itu, pabrikan tertarik untuk menciptakan sepeda motor hemat biaya yang menarik bagi pengemudi baru. Misalnya, Honda memiliki beberapa sepeda motor ramah pemula dengan harga kurang dari USD5.000 (Rp74 juta) yang bisa menjadi pilihan bagus bagi mereka yang ingin bersepeda secara perlahan dan dengan cara yang murah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini