Share

Ukraina Tuduh Rusia Mencuri Gandum yang Direbut Pasukan Sejak Invasi Dimulai

Tim Okezone, Okezone · Minggu 03 Juli 2022 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 18 2622348 ukraina-tuduh-rusia-mencuri-gandum-yang-direbut-pasukan-sejak-invasi-dimulai-l8cKbQYUt0.jpg Ilustrasi/Reuters

ISTANBUL - Ukraina telah meminta agar Turki menahan dan menangkap kapal kargo berbendera Rusia Zhibek Zholy yang membawa gandum Ukraina yang diambil dari Pelabuhan Berdyansk yang diduduki Rusia.

Hal ini diungkapkan seorang pejabat Ukraina dan dokumen yang dilihat oleh Reuters.

Pejabat Kementerian Luar Negeri Ukraina menyebutkan informasi yang diterima dari administrasi maritim negara, mengatakan bahwa Zhibek Zholy 7.146 dwt telah memuat kargo pertama sekitar 4.500 ton biji-bijian dari Berdyansk yang menurut pejabat itu adalah milik Ukraina.

Dalam surat tertanggal 30 Juni kepada Kementerian Kehakiman Turki, Kantor Kejaksaan Ukraina secara terpisah mengatakan bahwa Zhibek Zholy terlibat dalam ekspor ilegal gandum Ukraina dari Berdyansk dan menuju ke Karasu, Turki, dengan 7.000 ton kargo.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Kantor Kejaksaan Ukraina meminta Turki untuk "melakukan pemeriksaan kapal laut ini, menyita sampel biji-bijian untuk pemeriksaan forensik, meminta informasi tentang lokasi biji-bijian tersebut", kata surat itu, menambahkan bahwa Ukraina siap untuk melakukan penyelidikan bersama dengan otoritas Turki.

Baca selengkapnya di sini>>> Ukraina Minta Turki Tahan Kapal Kargo Berbendera Rusia yang Membawa Gandum

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini