Share

Teken Kesepakatan Militer dengan Jepang dan Korsel, AS Dituding Ingin Buat 'NATO Asia'

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 03 Juli 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 18 2622795 teken-kesepakatan-militer-dengan-jepang-dan-korsel-as-dituding-ingin-buat-nato-asia-HeUDsuHjku.jpg Foto: Reuters.

SEOUL - Korea Utara mengkritik kesepakatan Amerika Serikat (AS), Korea Selatan dan Jepang baru-baru ini untuk memperkuat kerja sama militer. Pyongyang menuding kesepakatan tersebut merupakan sarana bagi AS untuk mewujudkan rencananya membentuk aliansi militer seperti NATO di kawasan itu, menurut laporan media pemerintah.

BACA JUGA: NATO Ubah Strategi, Targetkan Rusia dan China

"Realitas jelas menunjukkan bahwa tujuan sebenarnya dari AS menyebarkan desas-desus tentang 'ancaman dari Korea Utara' adalah untuk memberikan alasan untuk mencapai supremasi militer di kawasan Asia-Pasifik," kata Juru bicara kementerian luar negeri Korea Utara sebagaimana dilansir Reuters.

"Situasi yang ada lebih mendesak untuk membangun pertahanan negara secara aktif mengatasi kerusakan lingkungan keamanan yang cepat," tambah juru bicara itu.

BACA JUGA: Targetkan China, NATO Perkuat Kerja Sama dengan Negara Asia Pasifik

Para pemimpin Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang bertemu di sela-sela KTT NATO pekan lalu dan tertarik untuk mengeksplorasi cara lebih lanjut untuk memperkuat "pencegahan yang diperpanjang" terhadap Korea Utara.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini