Share

Sebanyak 15 Anggota Khilafatul Muslimin di Cianjur Deklarasikan Setia pada NKRI

Ricky Susan, Koran SI · Selasa 05 Juli 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 525 2624073 sebanyak-15-anggota-khilafatul-muslimin-di-cianjur-deklarasikan-setia-pada-nkri-LvfnDmzuv0.jpg Khilafatul Muslimin Cianjur ikrar setia NKRI (foto: dok ist)

CIANJUR - Sebanyak 15 orang anggota Khilafatul Muslimin Kabupaten Cianjur, mendeklarasikan diri setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pada Selasa (5/7/2022). Selain itu, mereka juga sepakat untuk turut serta menangkal radikalisme di Kabupaten Cianjur.

"Kami segenap pengurus dan jamaah Khilafatul Muslimin Cianjur mendeklarasikan setia pada NKRI yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945, serta Bhineka Tunggal Ika," ucap Pimpinan Khilafatul Cianjur, Ustadz Afud Mahfudin, di Mapolres Cianjur, yang disaksikan Bupati, Dandim 0608/Cianjur, MUI, dan Kementerian Agama Cianjur.

 BACA JUGA:Kelompok Khilafatul Muslimin Surabaya Raya Deklarasi Setia ke Pancasila dan NKRI

Selain itu, pihaknya juga bertekad untuk menjunjung tinggi kebhinekaan dan toleransi beragama, serta mencegah setiap hal yang bertentangan dengan Pancasila.

"Kami juga mengajak semua anggota untuk mencegah penyebaran yang mengancam kesatuan dan persatuan NKRI," ucapnya.

 BACA JUGA:Anggota Kelompok Khilafatul Muslimin di Makassar Ikrar Kembali ke NKRI

Sementara itu, Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan, mengatakan ada 15 anggota Khilafatul Muslimin di Cianjur yang sudah kembali dan setia pada empat pilar kebangsaan.

"15 orang ini terdiri dari anggota dan keluarga dari anggota Khilafatul Muslimin Cianjur. Mereka sudah mendeklarasikan untuk setia pada NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai empat pilar kebangsaan," kata Doni.

 

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Menurutnya, deklarasi tersebut diharapkan jadi momentun untuk mengajak anggota lainnya yang masih memiliki pemahaman jika ada ideologi selain Pancasila.

"Ini jadi cara juga untuk menyadarkan semuanya, untuk kembali pada Pancasila. Karena diduga masih ada yang memiliki pemahaman lain," pungkasnya.

Sebelumnya, belasan orang warga Kabupaten Cianjur, bergabung dalam kelompok Khilafatul Muslimin.

Meski, pihak kepolisian belum mendapat informasi ada pergerakan secara masif, namun beberapa hari terakhir aktivitas kelompok tersebut sebatas menggelar pengajian.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini