Share

Satu Pandangan, Menlu RI dan India Tekankan Pentingnya Penguatan Suara Negara Berkembang

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 07 Juli 2022 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 18 2625285 satu-pandangan-menlu-ri-dan-india-tekankan-pentingnya-penguatan-suara-negara-berkembang-oEV4mjyf7i.jpg Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu India Dr. S. Jaishankar di Nusa Dua, Bali, 7 Juli 2022. (Foto: Dok. Kemlu RI)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu India, Dr. S. Jaishankar, di Nusa Dua, Bali, pada Kamis (7/7/2022). Kedua menlu berada di Bali dalam rangka menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 (G20 Foreign Minister’s Meeting/G20 FMM).

BACA JUGA: Indonesia Jadi Presiden G20 Pertama yang Undang Anggota Uni Afrika

Pada kesempatan tersebut, Menlu Jaishankar menyampaikan kembali dukungan India terhadap Presidensi G20 Indonesia. Dia juga menyampaikan apresiasi terhadap kepemimpinan Indonesia yang dapat menghadirkan semua Menlu G20 dalam pertemuan kali ini di tengah situasi dunia yang menghadapi banyak tantangan saat ini.

Kedua Menlu sepakat tentang pentingnya penguatan suara negara berkembang. Menurut mereka, sudah saatnya suara negara berkembang untuk didengarkan dalam berbagai isu internasional, demikian dilansir dari keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI).

BACA JUGA: Pertemuan Menlu G20 di Bali Usung Tema Pembangunan Dunia yang Damai dan Sejahtera

Mereka juga sepakat untuk menyuarakan pentingnya perang untuk dihentikan dan pentingnya reintegrasi ekspor produk pertanian dari Ukraina dan gandum serta pupuk dari Rusia dalam rantai pasok global.

Sebagai informasi, India akan menjadi Presiden G20 pada 2023, setelah Indonesia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini