Share

Penembakan Shinzo Abe, KBRI Pastikan Tidak Ada WNI Jadi Korban

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 08 Juli 2022 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 18 2626108 penembakan-shinzo-abe-kbri-pastikan-tidak-ada-wni-jadi-korban-rmp0yYvCGr.jpg Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi (Foto: KBRI Tokyo)

TOKYO - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak akibat penembakan terhadap Shinzo Abe di Prefektur Nara, Jumat (8/7/2022) siang.

“Hingga saat ini, belum ada informasi WNI yang terdampak,” terang KBRI saat dikonfirmasi di Tokyo, Jumat (8/7/2022), dikutip Antara.

Menurut data imigrasi Jepang per Desember 2021, jumlah WNI di Prefektur Nara adalah 321 orang.

Baca juga: Penembakan Shinzo Abe, PM Singapura: Tindakan Kekerasan yang Tidak Masuk Akal

KBRI Tokyo mengatakan telah melakukan komunikasi dengan aparat dan simpul masyarakat di sekitar lokasi kejadian.

Baca juga: Ini Warisan Shinzo Abe bagi Jepang, Pencapaian Pragmatis Jadi Warisan Paling Abadi

Dubes RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi atas nama Pemerintah Indonesia menyampaikan keprihatinan mendalam atas peristiwa penembakan Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe pada Jumat (8/7/2022).

“Saya, atas nama Pemerintah Indonesia, menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas kejadian penembakan terhadap Mantan PM Shinzo Abe. Pemerintah dan masyarakat Indonesia di Jepang berdoa untuk kebaikan PM Abe dan keluarga serta seluruh masyarakat Jepang,” terangnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Diketahui, pada Jumat (8/7/2022) sekitar pukul 11.00 waktu setempat telah terjadi penembakan di dekat Stasiun Yamatosaidaiji, Kota Nara, Prefektur Nara saat Abe memberikan pidato pada kampanye pemilihan Upper House.

Terdengar dua kali suara letusan senjata yang berasal dari arah belakang Abe dan diberitakan mengenai bagian dada.

Setelah penembakan, Abe langsung dilarikan ke rumah sakit dan diberitakan dalam kondisi kritis. Berdasarkan pemberitaan, polisi sudah menangkap satu orang terduga pelaku.

Akibat kejadian ini, jalur kereta JR Seibu Ikebukuro, Tokorozawa dan Yuurakucho dihentikan sementara hingga pukul 15.00 waktu setempat.

Abe merupakan salah satu politisi senior Jepang. Periode pertamanya sebagai PM Jepang yakni sejak 26 September 2006 hingga pengunduran dirinya pada 26 September 2007.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini