Share

Kemlu Selamatkan WNI yang Divonis 5 Tahun Penjara di Arab Saudi

Widya Michella, MNC Media · Senin 11 Juli 2022 20:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 18 2627775 kemlu-selamatkan-wni-yang-divonis-5-tahun-penjara-di-arab-saudi-wlknKe4NGI.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui kementerian luar negeri (Kemlu) menyelamatkan WNI atas nama Adewinda bt Isak Ayub (AIA) dengan pulang ke tanah air. Kini, AIA langsung diantarkan ke kediaman keluarga, pada 11 Juli 2022, di Desa Argabinta, Cianjur, oleh Tim PWNI Kemenlu RI, Perwakilan KBRI Riyadh, Disnaker Cianjur, dan BP2MI Sukabumi.

Untuk diketahui, AIA divonis bersalah oleh Mahkamah Agung Arab Saudi atas tindakan penghilangan nyawa dengan sengaja terhadap anak majikan WN Saudi yang berkebutuhan khusus pada tahun 2019.

Tindakan AIA diduga karena terganggu jiwanya lantaran hanya mengurusi anak berkebutuhan khusus tersebut terus menerus dan tidak diperbolehkan keluar rumah selama lima tahun sejak 2014.

"AIA dijatuhi hukuman lima tahun (penjara) pada Maret 2021 dalam tuntutan hak umum. Dengan pendampingan hukum oleh KBRI Riyadh, AIA mendapatkan keringanan hukuman dengan cukup menjalankan hukuman selama tiga tahun dikarenakan alasan medis," demikian dikutip dalam laman resmi Kemlu, Senin (11/07/2022).

Sejak awal diterimanya laporan penangkapan AIA pada 11 Juni 2019, Pemerintah RI melalui KBRI Riyadh dan Tim Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri telah memberikan pendampingan kekonsuleran berupa kunjungan penjara, pendampingan pada setiap persidangan.

Serta, memfasilitasi pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan, komunikasi dengan otoritas terkait, penanganan non-litigasi berupa pendekatan kepada ahli waris korban, dan pendampingan pemulangan AIA ke Indonesia.

"Selama penanganan kasus Kementerian Luar Negeri dan KBRI Riyadh senantiasa berkoordinasi intensif dengan instansi terkait di Indonesia dan Arab Saudi serta keluarga AIA di Indonesia," tulis keterangan resmi Kemlu.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini