Share

Sri Lanka Umumkan Keadaan Darurat, Gas Air Mata Ditembakkan dan Jam Malam Diberlakukan Tanpa Batas

Susi Susanti, Okezone · Rabu 13 Juli 2022 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 18 2628934 sri-lanka-umumkan-keadaan-darurat-gas-air-mata-ditembakkan-dan-jam-malam-diberlakukan-tanpa-batas-7cYI8gLuIi.jpg Polisi menembakkan gas air mata agar para pendemo tidak menyerbu kantor PM Sri Lanka (Foto: AP)

KOLOMBO - Sri Lanka mengumumkan keadaan darurat pada Rabu (13/7/2022) ketika ribuan orang mengerumuni kantor Perdana Menteri (PM) setelah Presiden Gotabaya Rajapaksa melarikan diri ke Maladewa, setelah berbulan-bulan protes meluas terhadap krisis ekonomi.

Juru bicara PM Dinouk Colombage mengatakan kepada AFP, polisi menembakkan gas air mata untuk menahan mereka agar tidak menyerbu kompleks itu dan para pejabat mengumumkan keadaan darurat nasional untuk menangani situasi di negara itu.

Seorang perwira polisi senior mengatakan polisi memberlakukan jam malam tanpa batas di seluruh Provinsi Barat, termasuk Kolombo, untuk mengatasi situasi.

Diketahui, Presiden telah berjanji pada akhir pekan untuk mengundurkan diri pada Rabu (13/7/2022) dan membuka jalan bagi "transisi kekuasaan yang damai" setelah melarikan diri dari kediaman resminya di Kolombo tepat sebelum puluhan ribu pengunjuk rasa menyerbunya.

Baca juga: Presiden Melarikan Diri, Sri Lanka Umumkan Keadaan Darurat

Sebagai Presiden, Rajapaksa menikmati kekebalan dari penangkapan, dan dia diyakini ingin pergi ke luar negeri sebelum mengundurkan diri untuk menghindari kemungkinan ditahan.

Baca juga: Presiden Melarikan Diri, PM Sri Lanka Ditunjuk Sebagai Penjabat Presiden

Sumber imigrasi mengatakan kepada AFP, Presiden, istri dan dua pengawalnya adalah empat penumpang di pesawat militer Antonov-32 yang lepas landas dari bandara internasional utama Sri Lanka.

Beberapa jam kemudian, tanpa pengumuman resmi bahwa dia mengundurkan diri, ribuan demonstran mengerumuni kantor PM Ranil Wickremesinghe - yang secara otomatis akan menjadi penjabat presiden jika terjadi pengunduran diri - menuntut kedua pejabat itu harus pergi.

"Pulang Ranil, Pulang Gota," teriak mereka.

Sementara itu, Wickremesinghe sendiri telah mengumumkan kesediaannya untuk mengundurkan diri jika konsensus tercapai untuk membentuk pemerintahan persatuan.

Kantornya mengkonfirmasi pada Rabu (13/7/2022) bahwa Rajapaksa telah meninggalkan negara itu, tetapi mengatakan tidak memiliki jadwal untuk pengumuman pengunduran diri.

Proses suksesi presiden bisa memakan waktu antara tiga hari - waktu minimum yang dibutuhkan parlemen untuk memilih seorang anggota parlemen untuk menjalani masa jabatan Rajapaksa, yang berakhir pada November 2024 - dan maksimum 30 hari diperbolehkan berdasarkan undang-undang.

Rajapaksa dituduh salah mengelola ekonomi ke titik di mana negara itu kehabisan devisa untuk membiayai impor yang paling penting, yang menyebabkan kesulitan parah bagi 22 juta penduduknya.

Sebelumnya pada Rabu (13/7/2022), warga Sri Lanka terlihat memadati koridor kediaman resmi presiden setelah kepergiannya, dengan pasangan muda berjalan bergandengan tangan dalam suasana perayaan yang tenang.

"Orang-orang sangat senang, karena orang-orang ini merampok negara kita," kata pensiunan pegawai negeri Kingsley Samarakoon, 74. "Mereka telah mencuri terlalu banyak uang, miliaran dan miliaran."

Namun dia hanya memiliki sedikit harapan untuk perbaikan segera dalam penderitaan Sri Lanka. "Bagaimana orang akan menjalankan negara tanpa uang?" tanyanya.

"Ini masalah,” ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini