Share

Satgas Yonif 126/KC Temukan Ladang Ganja Seluas 5 Hektare di Perbatasan RI-PNG

Tim Okezone, Okezone · Rabu 13 Juli 2022 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 340 2628645 satgas-yonif-126-kc-temukan-ladang-ganja-seluas-5-hektare-di-perbatasan-ri-png-TZOFZsTTHe.jpg Prajurit TNI temukan ladang ganja seluas 5 hektare (foto: dok ist)

KEEROM - Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC kembali menemukan ladang ganja siap panen seluas lima hektar, di pertengahan antara Kampung Paitenda-Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom.

Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo mengatakan, ladang ganja tersebut ditemukan oleh Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Pos Waris setelah menerima laporan dari masyarakat, Senin 11 Juli 2022.

"Lokasi ladang ganja tersebut berada sejauh empat kilometer dari Pos Waris," kata Dwi dalam keterangannya, Rabu (13/7/2022).

 BACA JUGA:Karyawan Ekspedisi Jadi Kurir Narkoba, Selundupkan 7 Paket Ganja

Setelah mendapat laporan dari masyarakat, pada pukul 04.30 WIT, sebanyak 10 personel Pos Waris melaksanakan patroli menuju ke lokasi yang dimaksud. Sesampainya di lokasi ternyata benar di lokasi tersebut terdapat tanaman ganja. Kemudian para personel melaksanakan pengintaian hingga pukul 09.15 WIT untuk mencari tahu pemilik ladang ganja tersebut. Namun dari hasil pemantauan tidak ada seorangpun yang datang.

“Dari hasil pengecekan di lapangan, di ladang ganja tersebut diperkirakan ada ratusan pohon ganja. Namun sekitar 50 pohon dengan tinggi rata-rata tiga meter yang berhasil diamankan. Dari jejak yang ada, sebagian sudah dipanen oleh pemiliknya,” ungkapnya.

 BACA JUGA:Edarkan Ganja Seberat 1Kg, Dua Pria Diciduk

Dansatgas juga menyampaikan, bahwa disekitar ladang ganja itu banyak ditanami pohon-pohon lain, seperti pohon pisang dan sejumlah tanaman lainnya, yang bertujuan agar ladang ganja ini tidak menarik perhatian orang lain.

“Jadi penanaman ganja tersebut dilakukan dengan pola berjarak antara satu pohon dengan yang lainnya dan terlindungi oleh pohon pisang dan pohon lainnya sehingga jika tidak jeli maka tidak akan ketahuan,” katanya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Sesuai prosedur yang berlaku, barang bukti berupa ganja basah tersebut selanjutnya akan diserahkan ke Polres Keerom.

Danrem 172/PWY selaku Dankolakops Rem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring menyampaikan apresiasi kepada personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC yang terus berupaya memerangi Narkoba di Tanah Papua.

“Perkuat Binter dan Komsos di wilayah penugasan serta sosialisasikan bahaya Narkoba dan konsekuensi hukum dari memiliki, menanam dan mengedarkan Narkoba. Ajak masyarakat untuk menanam tanaman produktif disertai dengan pendampingan secara terus menerus agar perekonomian masyarakat di perbatasan semakin meningkat,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini