Share

Bayi Kembar Siam, Ayesta dan Aleeya Butuh Bantuan untuk Operasi Pemisahan

Adi Haryanto, Koran SI · Rabu 13 Juli 2022 05:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 525 2628521 bayi-kembar-siam-ayesta-dan-aleeya-butuh-bantuan-untuk-operasi-pemisahan-GD7fVb9Tnp.jpg Bayi kembar siam di Kabupaten Bandung Barat butuh bantuan untuk operasi pemisahan (Foto : MPI)

BANDUNG BARAT - Bayi kembar bernama Ayesta Azalea Putri Emira dan Aleeya Azalea Putri Emira sepintas tampak lucu dan menggemaskan. Namun, mereka masih belum bisa bergerak bebas layaknya bayi normal karena terlahir dengan kondisi dempet atau kembar siam.

Kedua orang tuanya pasangan suami istri Eka Lasmana dan Mira Rahayu warga Desa Cipada, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), hanya bisa pasrah melihat kondisi buah hatinya.

"Ini ujian buat kami, tapi kami ikhlas dan sedang berihtiar semampunya agar buah hati kami bisa dipisahkan dan bisa hidup normal," kata Eka saat ditemui dikediamannya, Selasa 12 Juli 2022.

Dia menuturkan, kendati dempet, namun kedua bayinya yang berjenis perempuan dan baru berusia 6 bulan tersebut berada dalam kondisi sehat lengkap dengan organ di dalamnya. Sehingga itu menjadi sebuah asa kondisi kedua buah hatinya bisa pulih layaknya anak-anak normal lainnya.

Sejak istrinya sedang hamil, sama sekali tidak pernah ada keluhan yang dirasakan. Bahkan, tidak ada firasat akan mendapat anak dengan kondisi kembar siam. Itu baru diketahui saat melakukan USG diusia kandungan istrinya empat bulan di salah satu klinik.

"Disitu baru dikabari kalau anaknya kembar, tapi masih dibilang normal," kata pria yang sehari-hari berprofesi sebagai petani ini.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Namun ketika dilakukan pengecekan USG di klinik lain pada bulan delapan baru diketahui jika buah hatinya dempet. Hingga pada saat lahir, kondisinya memang kembar siam, dirinya tetap bersyukur lantaran itu merupakan anugerah sekaligus ujian dari sang pencipta.

"Saya berharap keduanya bisa normal dan menjadi anak-anak yang solehah, sukses, dan menjadi kebanggaan untuk kedua orang tuanya," tuturnya

Sang ibu, Mira Rahayu menambahkan, berat badan kedua buah hatinya pada saat lahir 2,3 kg. Kini timbangannya keduanya sudah 10 kg dan dalam kondisi sehat. "Kata dokter bisa dioperasi bulan Agustus. Saya hanya bisa berdoa, agar secepatnya dilakukan pemisahan," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini