Share

Polisi Tangkap 7 Pengedar Narkoba Lintas Provinsi, 43 Kilogram Sabu Disita

Isty Maulidya, Okezone · Kamis 14 Juli 2022 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 340 2629547 polisi-tangkap-7-pengedar-narkoba-lintas-provinsi-43-kilogram-sabu-disita-uErqxXOId3.jpg Kabid Humas Polda Banten, Kombes Shinto saat jumpa pers kasus narkoba (foto: dok MPI)

TANGERANG - Sebanyak tujuh pengedar narkoba jaringan lintas provinsi dan lintas negara ditangkap sejak pertengahan Mei 2022 hingga akhir Juni 2022. Penangkapan itu berawal dari penangkapan pengedar kecil berinisial ASY (28), yang merupakan warga Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Shinto Silitonga mengatakan, pihaknya kemudian pengedar narkoba lain yang lebih besar berinisial DS (27) dan DM (23) di wilayah yang sama. Kemudian dikembangkan ke bandar narkoba MI (25) di Pasar Kemis, Tangerang dengan BB sabu 768,4 gram.

"Tidak puas dengan penangkapan MI als Kacol (25), kami kemudian mengembangkan penyelidikan dengan penangkapan sindikat besar sabu BY alias Kakek (54) di Tol Cikampek dengan BB sabu 40 kg, dilanjutkan dengan penangkapan RBS (26) dan ADS (28) di salah satu perumahan di Kota Bekasi dengan BB sabu 241,89 gram serta 494 butir ekstasi," kata Shinto pada Kamis (14/7/2022).

 BACA JUGA:BNN Bongkar Kasus 3 Kuintal Narkoba yang Libatkan Oknum TNI dan Polisi, Ini Rinciannya

Shinto menjelaskan, total penyitaan barang bukti narkoba dari sindikat pengedar narkoba lintas propinsi lintas negara ini pasca dilakukan penimbangan sebanyak 43,2 kg sabu dan 494 butir ekstasi.

"Selain sabu, penyitaan barang bukti lainnya dilakukan terhadap 1 unit mobil Avanza, 1 unit motor N-Max, timbangan elektrik, tas, beberapa unit hp dan alat hisap sabu," tambah Shinto.

Shinto menambahkan, petugas lalu melanjutkan penyelidikan hingga ke Kalimantan Barat untuk menindaklanjuti informasi tentang peran anggota lain dalam sindikat besar narkoba tersebut. Seorang pria berinisial ASP (25) pun berhasil ditangkap, yang rupanya masih merupakan anak dari tersangka BY alias Kakek

 BACA JUGA:Polisi Tangkap 3 Emak-Emak Kurir Narkoba Jaringan Internasional, Barang Bukti 9,5 Kg Sabu!

"Selama hampir 2 minggu bekerja, penyidik berhasil melakukan penangkapan terhadap ASP warga Kubu Raya, Kalbar, yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan, namun menyimpan uang skala besar di rumah kontrakannya yang saat penggeledahan ditemukan penyidik," lanjut Shinto.

Kemudian dilakukan penyitaan uang tunai senilai Rp366.090.00, selain menyimpan uang hasil kejahatan, ASP juga berperan aktif dalam membantu BY alias Kakek untuk perpindahan narkoba dari satu titik ke titik lainnya.

Terakhir Shinto menjelaskan, sesuai komitmen Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto untuk tindak tegas sindikat narkoba dan miskinkan hartanya sehingga dapat mereduksi sumber daya sindikat tersebut untuk melakukan pengulangan tindak pidana,

"Pengungkapan sindikat besar narkoba lintas propinsi lintas negara ini memang berasal dari pengelolaan informasi masyarakat yang disampaikan kepada penyidik Satnarkoba Polresta Tangerang," tutup Shinto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini