Share

Tiba di Arab Saudi, Presiden AS Joe Biden Bertemu dengan Raja Salman dan Putra Mahkota

Natalia Bulan, Okezone · Jum'at 15 Juli 2022 23:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 15 18 2630508 tiba-di-arab-saudi-presiden-as-joe-biden-bertemu-dengan-raja-salman-dan-putra-mahkota-qfoAoBQOx4.jpg Presiden AS Joe Biden diterima Putra Mahkota Mohammed bin Salman di Istana Al-Salam, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (15/7/2022)/Arab News

RIYADH - Presiden AS Joe Biden tiba di Arab Saudi hari ini dan menjadi perhentian terakhir dalam Tur Timur Tengah pertamanya sebagai pemimpin AS, ia akan bertemu dengan para pemimpin Kerajaan.

Dikutip dari Arab News, Joe Biden tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz di kota pelabuhan Laut Merah, Jeddah, Arab Saudi pada hari ketiga dari perjalanan empat hari melintasi Timur Tengah.

Ia menghabiskan dua hari pertamanya dengan bertemu pejabat Israel dan melakukan perjalanan ke Tepi Barat untuk bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas dan lainnya sebelum terbang ke Arab Saudi, Jumat (15/7/2022).

Setelah tiba di Jeddah, Biden pun bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dan kemudian mengadakan pertemuan kerja yang lebih besar dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan pejabat senior Arab Saudi lainnya serta penasihat utama Presiden.

Biden diterima di Istana Al-Salam di Jeddah oleh putra mahkota menjelang pertemuan.

Biden juga akan mengambil bagian dalam pertemuan Sabtu para pemimpin dari Dewan Kerjasama Teluk – Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi dan UEA – sebelum kembali ke Washington. Para pemimpin negara tetangga Timur Tengah Mesir, Irak dan Yordania juga akan hadir.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Kepemimpinan Arab Saudi membuka jalan bagi pesawat-pesawat Israel untuk menggunakan wilayah udaranya dengan mengumumkan pencabutan pembatasan pada “semua operator,” sebuah langkah yang disambut oleh Biden sebagai hal yang “bersejarah.”

“Keputusan Arab Saudi dapat membantu membangun momentum menuju integrasi lebih lanjut Israel ke kawasan itu, termasuk dengan Arab Saudi,” kata pemimpin AS itu.

Penerbangan langsung Biden adalah yang pertama oleh seorang Presiden Amerika dari Israel ke Arab Saudi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini