Share

102 Taruna Akademi AL Ikuti Pelayaran Kartika Jala Krida

Sony Hermawan, iNews · Selasa 19 Juli 2022 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 519 2632592 102-taruna-akademi-al-ikuti-pelayaran-kartika-jala-krida-ux9RR1AZPo.jpg 102 Taruna AAL melakukan pelayaran dengan KRI Bima Suci (foto: tangkapan layar)

SURABAYA - Sebanyak 102 taruna taruni akademi Angkatan Laut (AAL), hari ini resmi diberangkatkan untuk mengikuti latihan praktek pelayaran Kartika Jala Krida. Selama 91 hari lamanya, mereka akan berlayar melewati perairan di Indonesia, melewati perairan Singapura, Malaysia, hingga perairan Australia menggunakan kapal latih KRI Bima Suci.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono didampingi Gubernur Akademi Angkatan Laut, Laksda Tni Denih Hendrata dan Pangkoarmada Dua Laksda TNI TSNB Hutabarat resmi melepas keberangkatan KRI Bima Suci melalui dermaga ujung Madura, markas komando armada dua.

Kapal latih KRI Bima Suci itu ditumpangi 102 taruna AAL dalam rangka latihan praktek pelayaran Kartika Jala Krida dengan jarak tempuh 11.122 nautical mile dengan rute pelayaran Surabaya kemudian menuju Jakarta, Singapura, Sabah, Tual, Townsvile, Sydney, Cairns, Darwin, Bali dan kembali lagi ke Surabaya pada tanggal 18 Oktober 2022 mendatang.

“Pelayaran yang dijalani para taruna ini, guna untuk mempraktekkan ilmu navigasi, seperti navigasi bintang. Selan itu, mereka juga membawa misi promosi kebudayaan Indonesia saat mendarat di negara-negara yang dikunjungi,” kata Wakasal Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono.

Selain dihadiri para pejabat TNI Angkatan Laut, pemberangkatan pelayaran Kartika Jala Krida kali ini juga dihadiri keluarga para taruna. Salah satu yang berbahagia melihat anaknya ikut pelayaran adalah Purwono asal Gresik, ia terharu dirinya yang hanya tukang kebun dapat melihat anaknya bernama Naufal Al-Faris menjadi taruna ALL dan kini dapat kesempatan ikut berlayar.

Diketahui, kapal latih KRI Bima Suci itu mengangkut 208 orang, terdiri dari 92 ABK, 14 orang staf latihan dan 102 orang taruna tingkat tiga, akademi Angkatan Laut, Angkatan ke 69.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini