Share

5 Negara dengan yang Andalkan Kereta sebagai Transportasi Umum

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 22 Juli 2022 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 18 2634110 5-negara-dengan-yang-andalkan-kereta-sebagai-transportasi-umum-3CRQ1eiZ9l.jpg MRT Singapura (Foto : Motgovsg)

TRANSPORTASI umum menjadi salah satu penilaian dari kualitas sebuah negara. Kenyamanan dan keamanan dalam mobilitas penduduk menjadi nilai utama dalam pembangunan sarana transportasi ini.

Selain sebagai sarana mobilitas, transportasi umum yang baik juga dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke sebuah negara. Tidak heran jika negara berlomba-lomba untuk membangun sektor di bidang transportasi.

Kereta menjadi salah satu transportasi umum yang paling banyak disukai. Selain terhindar dari kemacetan, kereta juga merupakan transportasi umum darat paling cepat. Menurut laporan The Travel & Tourism Competitiveness Report 2019, berikut 5 negara dengan sistem transportasi darat terbaik di dunia.

1. Hong Kong

Hong Kong menjadi peringkat nomor satu sebagai negara dengan sistem transportasi darat terbaik. Sebagian besar wilayah Hong Kong sudah terjangkau kereta bawah tanah bernama MTR (Mass Transit Railway). Saat ini, MTR telah mengoperasikan jaringan kereta api domestik yang mencakup 9 jalur komuter utama.

Kereta bawah tanah Hong Kong menjadi salah satu kereta api terbaik dan paling modern di dunia. Melalui layanan kereta api antarkota MTR, penumpang juga dapat bepergian dengan mudah ke provinsi Guangdong, Beijing, dan Shanghai.

2. Singapura

Tidak hanya kebersihan dan kedisiplinan, Singapura juga unggul dalam bidang transportasi umum. Negara tetangga Indonesia ini masuk ke dalam peringkat kedua sebagai negara dengan transportasi darat terbaik. Jika ingin mengelilingi Singapura, MRT (Mass Rapid Transit) Singapura menjadi transportasi umum tercepat yang bisa dijangkau dengan mudah. Selain MRT, Singapura juga memiliki Light Rail Transit (LRT) yang menjadi penghubung seluruh kawasan di Singapura ke jaringan MRT.

Sebagai negara maju, Singapura telah menggunakan LRT sejak tahun 1999 dan menjadi salah satu negara dengan sistem transportasi umum terbaik di dunia.

3. Belanda

Belanda adalah negara pertama yang membawa jaringan perkeretaapian di Indonesia. Tidak hanya terkenal dengan jalur sepedanya, Negeri Kincir Angin ini juga mempunyai jaringan kereta yang luas dan lengkap mulai dari dalam kota, luar kota, hingga antarnegara.

Uniknya, kereta di belanda tidak mempunyai nomor kursi, jadi penumpang bisa memilih tempat duduk di mana pun ia mau. Kereta api di Belanda mempunyai fasilitas yang nyaman dan berjalan tepat waktu sesuai jadwal. Selain itu, wifi gratis juga disediakan pada kereta tujuan domestik. Tertarik mencoba?

4. Swiss

Memiliki jalur kereta api yang padat, Swiss mempunyai lebih dari 2.600 stasiun. Dilansir dari House of Switzerland, masyarakat Swiss adalah pengguna kereta paling giat di dunia. Mereka bisa melakukan perjalanan menggunakan kereta lebih dari 2.000 km setiap tahunnya. Swiss juga memiliki jalur kereta api paling luas di dunia dengan sekitar 5.300 km jalur kereta api.

Tak hanya itu, Swiss mempunyai jalur kereta api tertinggi di Eropa, yaitu Stasiun Jungfraujoch di wilayah Bernese Oberland dengan ketinggian 3.454 km. Tertarik untuk berkeliling Pegunungan Alpen menggunakan kereta?

5. Jepang

Terkenal akan kereta cepat Shinkansen, Jepang menjadi negara dengan sistem kereta api yang sangat baik. Jepang terkenal dengan sistem transportasi umumnya yang nyaman, cepat, dan tepat waktu. Saking tepat waktunya, masinis di Jepang akan memberikan sertifikat keterlambatan dan meminta maaf kepada para penumpang jika kereta tidak datang tepat waktu.

Masyarakat Jepang juga menjadikan transportasi umum sebagai transportasi utama mereka untuk beraktivitas, terutama kereta, dibandingkan transportasi pribadi. Bahkan, kereta api di Jepang bisa melayani hampir 3,6 juta penumpang setiap harinya. Bisa dikatakan bahwa kehidupan warga Jepang sudah bergantung pada kereta api. (Mirsya Anandari Utami/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini