Share

5 Kasus Genosida Hebat di Dunia, Ada yang Capai 7 Juta Korban Jiwa

Rahmi Rizal, Litbang Okezone · Sabtu 23 Juli 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 18 2634579 5-kasus-genosida-hebat-di-dunia-ada-yang-capai-7-juta-korban-jiwa-S6iPRN3vFk.jpg Makam korban Holocaust (Foto: Reuters)

JAKARTA - Genosida atau pemusnahan sekelompok orang secara massal, karena alasan etnis, kebangsaan, agama, atau ras (SARA) dan dilakukan secara sistematis, telah tercatat dalam sejarah kehidupan manusia sejak lama. Genosida yang paling dikenal masyarakat mungkin adalah holocaust. Berikut adalah beberapa genosida yang pernah terjadi di dunia dilansir dari berbagai sumber.

1. Genosida Armenia (1915-1922)

Tahun 1915 merupakan awal terjadinya genosida terhadap orang-orang Armenia. Saat itu, partai penguasa Kekaisaran Turki Ottoman, Turki Muda, melancarkan aksinya untuk menghilangkan populasi Armenia dari Kekaisaran Turki Ottoman. Hal ini bermula dari tindakan Armenia, yang saat itu masih berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Turki Ottoman, memberi bantuan kepada Rusia untuk berperang melawan Turki, saat Perang Dunia I. Pemerintah Turki kemudian menggencarkan “penghapusan” orang-orang Armenia dari zona peperangan di Front Timur. Peristiwa itu kerap disebut sebagai genosida pertama di era modern.

 Baca juga: AS Belum Berkomitmen Selidiki Dugaan Genosida Rusia di Ukraina

2. Genosida Ukraina (1932-1933)

Genosida Ukraina atau Holodomor merupakan kelaparan yang sengaja diciptakan sehingga menewaskan banyak penduduk Ukraina, yang waktu itu termasuk dalam Uni Soviet. Josep Stalin, pemimpin Soviet kala itu, mengeluarkan keputusan kolektivisasi pertanian dan memaksa petani melepaskan tanah serta properti mereka demi pertanian kolektif tersebut. Akibatnya, bukan hanya terjadi penurunan produksi pertanian dan menimbulkan kelaparan, serangkaian pemberontakan pun pecah. Diperkirakan 2.500.000-7.500.000 orang tewas dalam peristiwa Holodomor.

 Baca juga: Biden Tuding Rusia Lakukan Genosida di Ukraina

3. Holocaust (1933-1945)

Setelah berkuasa, Partai Nazi di Jerman yang dipimpin oleh Adolf Hitler memulai Holocaust. Pemusnahan massal terhadap orang Yahudi ini dilakukan selama Perang Dunia II. Sebanyak 6 juta orang Yahudi tewas, atau setara dengan dua pertiga populasi Yahudi di seluruh Eropa. Dari jumlah tersebut, satu juta lebih korban merupakan anak-anak. Bukan hanya Yahudi, sebanyak 5 juta orang lainnya juga menjadi target pemusnahan. Mereka adalah orang Slavia, orang Roma, homoseksual, dan penyandang cacat.

4. Genosida Guatemala (1962-1996)

Guatemala, negara yang berada di Amerika Tengah, mengalami perang saudara selama 36 tahun. Dalam gerakan membasmi pemberontakan, pemerintah membunuh warga sipil yang merupakan mayoritas keturunan Suku Maya. Secara sistematis, pasukan tentara membakar ratusan desa, meracuni persediaan air, menghabisi ternak, dan membunuh siapa saja yang dikehendaki. Menurut catatan, 150.000 orang tewas dalam peristiwa yang juga dikenal dengan sebutan Genosida Maya ini.

5. Genosida Bangladesh (1971)

Pada 1971, sebagai respons atas kemerdekaan Bangladesh (Pakistan Timur) dari negara Pakistan, pasukan militer Pakistan (Pakistan Barat) mempertahankan kepemilikan wilayahnya di timur dengan secara kejam melakukan berbagai kekerasan yang berujung pada genosida. Secara sistematis, militer Pakistan membunuh hingga 3.000.000 orang. Tak hanya itu, sebanyak 200.000 dan 400.000 wanita Bangladesh mengalami pemerkosaan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini