Share

Banyak Pintu Masuk, Kabupaten Muratara Jadi Wilayah Strategis Jalur Narkoba

Dede Febriansyah, MNC Portal · Jum'at 22 Juli 2022 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 610 2634576 banyak-pintu-masuk-kabupaten-muratara-jadi-wilayah-strategis-jalur-narkoba-gEnbj9r2o6.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

MURATARA - Banyaknya pintu masuk dan diapit dua provinsi, wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) disebut jadi jalur perlintasan strategis untuk masuknya narkoba ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kasat Narkoba Polres Muratara, AKP Darmanson mengatakan, wilayah Muratara memiliki empat pintu masuk strategis, yakni Kota Lubuklinggau, Kabupaten, Musi Banyuasin, Provinsi Bengkulu dan Jambi.

"Banyak cara dan modus yang dilakukan terduga pelaku untuk memasukan dan mengedarkan narkoba, sehingga sulit untuk di deteksi," ujar Darmanson, Jumat (22/7/2022).

Menurutnya, pengedar narkoba yang masuk ke wilayah Musi Rawas Utara, mayoritas melewati jalur darat. Jaringan pengedar narkoba juga diuntungkan dengan letak geografis Kabupaten Muratara yang dilintasi dua sungai besar.

"Desa-desa di wilayah Muratara banyak di seberang sungai dan mesti melintasi jembatan gantung. Sering kali penyergapan bocor. Saat kami tiba di pangkal jembatan, mereka di seberang sungai sudah tahu polisi datang," katanya.

Darmanson mengakui, jaringan narkoba lokal Muratara sangat terikat dengan jaringan pengedar lintas provinsi. Namun, mereka yang ditangkap sering melindungi bandar mereka. "Mereka selalu mengatakan tidak tahu saat diinterogasi. Tapi mereka mengatakan barang itu dari luar daerah," ujarnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini