Share

Akhiri Perselisihan dan Ketegangan, Ceko Hancurkan Peternakan Babi di Kamp Nazi untuk Roma

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 23 Juli 2022 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 23 18 2635011 akhiri-perselisihan-dan-ketegangan-ceko-hancurkan-peternakan-babi-di-kamp-nazi-untuk-roma-7CpIXRyco3.jpg Ceko hancurkan peternakan babi di kamp konsentrasi Nazi untuk Roma (Foto: Museum Kebudayaan Rumania, Republik Ceko)

CEKOCeko akan menghancurkan peternakan babi yang dibangun di lokasi kamp konsentrasi era Nazi untuk Roma. Ini mengakhiri perselisihan dan ketegangan yang sering terjadi selama beberapa dekade antara pemilik pertanian, pemerintah, dan kelompok hak asasi (HAM) Roma.

Buldoser dijadwalkan masuk pada Jumat (22/7/2022) waktu setempat setelah upacara. Daerah tersebut akan membuka jalan bagi pembangunan museum yang tepat yang didedikasikan untuk kamp dan Porajmos.

Sejarawan mengatakan 1.309 warga Roma diinternir di Lety di Bohemia Selatan selama perang.

Banyak anak-anak termasuk di antara 326 orang yang meninggal di sana karena kekurangan gizi, penganiayaan dan penyakit.

Baca juga: Diadili Terkait Pembunuhan Massal Nazi, Nenek Berusia 96 Tahun Kabur dari Persidangan

Kamp itu dikelola oleh penjaga Ceko, bukan SS Nazi, dan tidak ada dari mereka yang dihukum setelah perang.

 Baca juga: Eks Penjaga Kamp Konsentrasi Nazi Berusia 100 Tahun Akan Diadili di Jerman

Sejarawan dan politisi Ceko telah lama berselisih mengenai sejarah Lety dan peran persisnya dalam Holocaust.

Lety awalnya didirikan oleh pemerintah Cekoslowakia dua minggu sebelum pendudukan Nazi pada Maret 1939, sebagai kamp kerja paksa untuk "warga pekerja keras".

Pada Juli 1942, otoritas Protektorat Nazi mengubahnya menjadi "kamp gipsi", dan narapidana Roma pertama tiba di musim gugur.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebagian besar dari mereka yang meninggal terperangkap dalam epidemi tipus yang melanda kamp selama musim dingin pada 1942.

Tidak dapat mengendalikan epidemi, otoritas Nazi menutup kamp pada Mei 1943. Mereka yang masih hidup dikirim ke fasilitas serupa di Moravia atau Auschwitz.

Penduduk Roma di Bohemia dan Moravia hampir seluruhnya musnah dalam Porajmos – istilah Roma untuk Holocaust.

Selama 1970-an, peternakan babi industri dibangun di Lety, menjadi sumber kesedihan mendalam bagi orang Roma Ceko. Diskriminasi masih dialami oleh masyarakat hingga saat ini.

Pembongkaran tersebut menandai puncak dari kampanye panjang dan sulit oleh aktivis hak-hak Roma untuk mengubah situs tersebut menjadi tempat kenangan yang suram.

Tidak ada lagi jejak kamp dan tugu peringatan batu sederhana didirikan di sebuah rawa kecil di pertanian untuk mereka yang meninggal. Namun upacara tahunan di sana sering terganggu oleh bau kotoran ternak.

Kritikus pembongkaran, termasuk mantan Perdana Menteri (PM) Andrej Babis, berpendapat Lety bukan kamp konsentrasi tetapi kamp kerja.

Mereka menunjukkan bahwa pertanian itu dibangun hanya bersebelahan dengan lokasi kamp, bukan di atasnya.

Perselisihan itu akhirnya terselesaikan ketika pemerintah membeli peternakan babi dari pemiliknya dan menutupnya, memindahkan situs tersebut ke Museum Kebudayaan Romani.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini