Share

Banjir Sebabkan Jembatan Putus di Pagai Utara, 300 KK Terisolasi

Rus Akbar, Okezone · Rabu 27 Juli 2022 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 340 2637074 banjir-sebabkan-jembatan-putus-di-pagai-utara-300-kk-terisolasi-qhGVP2ujsj.jpg Jembatan putus akibat banjir. (Foto: Rus Akbar)

MENTAWAI - Hujan yang terjadi selama dua hari sejak Minggu sampai Senin (24-25 Juli) merobohkan jembatan kayu sepanjang 14 meter di Desa Betumonga Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Selain itu, jalan di desa tersebut juga mengalami longsor.

Kepala Desa Betumonga, Joni Siritoitet mengatakan, sebanyak 300 kepala keluarga di tiga dusun di Desa Betumonga tersebut terisolasi. Warga harus berjalan kaki sepanjang tujuh kilometer untuk sampai jalan utama jika ingin ke desa lain seperti Desa Taikako, Desa Silabu dan Sikakap.

‚ÄúWarga terpaksa berjalan kaki 7 kilometer sampai ke jalan poros yang dibuat perusahaan kayu,‚ÄĚ katanya, Rabu (27/7/2022).

Lanjut Joni, akibat longsor dan jembatan rusak akses ekonomi masyarakat di tiga dusun, Dusun Betu Monga Timur, Betu Monga Selatan dan Betu Monga Barat terputus. Pasalnya, pisang dan hasil bumi lainnya tidak bisa dijual kepada pengumpul yang ada di Desa Sikakap.

Saat ini warga di tiga dusun membutuhkan tenaga kesehatan karena tenaga medis yang menetap di sana sedang sakit tidak bisa berjalan.

 Baca juga: Rumah di Bogor Tertimpa Longsor, 1 Warga Terluka

‚ÄúDari hasil pantauan kita pemerintah¬†desa di¬†lapangan,¬†Selasa, sepanjang jalan 7 km tersebut masih ada 5 titik jalan yang rawan longsor,‚ÄĚ kata Joni.

Joni melanjutkan, sesuai hasil rapat, pemerintah desa dan aparatur akan memperbaiki jembatan yang roboh terbawa banjir tersebut.

‚ÄúKita sudah minta beberapa orang warga untuk¬†menyiapkan¬†kayu untuk membuat jembatan darurat, kayu yang dibutuhkan sekitar 3 kubik, hal ini dilakukan supaya jembatan tersebut bisa dilewati oleh kendaraan sepeda motor, agar warga di tiga dusun yang sekarang terisolasi bisa keluar dan bisa membeli kebutuhan hidupnya,‚ÄĚ ucapnya.

Sementara Camat Pagai Utara, Gabriel Sakeru menjelaskan, setelah mendapat informasi pihaknya langsung menghubungi kepala desa dan sekretaris Desa Betumonga untuk menanyakan kejadian ini.

‚ÄúSetelah mendapat informasi saya langsung kontak Kalaksa BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk melaporkan kejadian bencana alam ini,‚ÄĚ ujar dia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kata Gabriel, target utama dalam waktu dekat adalah membuka posko darurat di Desa Betumonga, serrta membuat jembatan darurat supaya bisa dilewati oleh kendaraan sepeda motor.

Sementara itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kapolsek Sikakap dan Koramil 04 Sikakap untuk  membantu mencarikan alat berat untuk membersihkan jalan yang longsor.

‚ÄúSementara masalah kesehatan kita akan koordinasikan langsung kepada Kepala Puskesmas Saumanganya agar dapat membuka posko juga di sana,‚Ä̬†ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini