Share

Tangkap Pengedar Narkoba Jaringan Malaysia, Polda Riau Sita 19 Kg Sabu

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Jum'at 29 Juli 2022 05:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 340 2638186 tangkap-pengedar-narkoba-jaringan-malaysia-polda-riau-sita-19-kg-sabu-UkbHd044eP.jpg Polda Riau rilis penangkapan pengedar narkoba dengan barang bukti 19 kg sabu. (MNC Portal/Banda Haruddin Tanjung)

PEKANBARU - Tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau menangkap tiga orang dalam kasus narkoba jaringan internasional. Dalam kasus ini, polisi menyita 19 kg sabu.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, menjelaskan 19 kg sabu itu diamankan dari IRW (21), JEP (46) dan MUH (20). Barang bukti 19 kg sabu tersebut didapat dari Malaysia.

"Tiga orang yang diamankan merupakan warga Bengkalis," kata Sunarto (28/7/2022).

Narto menyebutkan, pengungkapan ini bermula dari informasi yang didapatkan petugas dari masyarakat, tentang akan adanya penyelundupan sabu dalam jumlah besar asal Malaysia, ke daerah Rupat, Bengkalis. Tim kemudian melakukan penyelidikan dan pemantauan di lapangan. Tim lalu mendapat informasi, pelaku sudah berada di wilayah Bengkalis.

"Mereka ditangkap di sebuah kebun durian di Bengkalis," ujarnya.

Dari keterangan tersangka, IRW mengaku mengambil sabu langsung ke Malaysia menggunakan speedboat bersama rekannya, Baled, yang kini berstatus masuk daftar pencarian orang (DPO).

Awalnya, IRW dihubungi oleh Ayet, yang berada di Malaysia. IRW diminta datang ke Negeri Jiran itu dengan maksud akan membicarakan soal bisnis narkoba tersebut.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

"IRW ini yang langsung mengemudikan speedboat. Sesampainya di Malaysia, kemudian bertemu Ayet. Kemudian Ayet ikut naik speedboat ke Indonesia dengan membawa 2 tas berisi 14 paket berisi sabu yang dimasukkan dalam karung," tuturnya.

Setelah mengarungi Selat Malaka, sampailah mereka di Bengkalis. Di sana tersangka JEP alias Pak Uteh dan KEPT (DPO) sudah menunggu. Mereka menyerahkan 5 bungkusan sabu. Sementara 9 bungkus sabu masih dibawa IRW setelah ada pelunasan uang, baru akan diserahkan semua.

Namun, aksi mereka tercium polisi. Tim Polda Riau akhirnya berhasil menangkap ketiga tersangka. Sementara sejumlah orang ditetapkan DPO.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini