Share

Sudah Dinyatakan Sembuh, Biden Kembali Positif Covid-19

Susi Susanti, Okezone · Senin 01 Agustus 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 18 2640142 sudah-dinyatakan-sembuh-biden-kembali-positif-covid-19-18S5YmdBOi.jpg Presiden AS Joe Biden (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dinyatakan positif Covid-19 pada Sabtu pagi (30/7/2022), setelah tampaknya pulih dari virus dan dites negatif pada Selasa (26/7/2022).

Dokter Gedung Putih Kevin O'Connor, menjelaskan bahwa ia kemungkinan menderita apa yang disebut infeksi "rebound", yang dapat memengaruhi pasien yang menggunakan pil antivirus Pfizer.

Tes positif Biden diumumkan dokter Biden dalam sebuah surat kepada Sekretaris Pers Karine Jean-Pierre. O'Connor mencatat bahwa Biden telah dites negatif untuk penyakit itu setiap hari sejak Selasa (26/7/2022), tetapi akan masuk kembali ke isolasi setelah hasil positif pada Sabtu pagi (30/7/2022).

Dikutip RT, O'Connor mencatat bahwa "sebagian kecil" pasien yang merawat Covid-19 dengan Paxlovid cenderung menderita apa yang disebut "rebound positif Covid-19" - di mana mereka tampaknya pulih dari penyakit sebelum jatuh sakit lagi.

Baca juga: Biden Dinyatakan Negatif Covid-19, Akan Pakai Masker Ketat Selama 5 Hari

Dia mengatakan dalam kasus Biden, Presiden tidak mengalami gejala yang muncul kembali, dan terus merasa cukup baik.

Baca juga: Dokter Presiden: Biden Sudah Hampir Sembuh dari Covid-19

Penasehat kesehatan Gedung Putih Dr. Anthony Fauci juga sempat menderita infeksi ulang seperti itu ketika ia dirawat dengan Paxlovid pada Mei lalu.

Sebelum tes negatif pada Selasa (26/7/2022), Biden telah bekerja dalam isolasi di Gedung Putih selama lima hari, sambil menderita gejala ringan.

Biden, yang telah divaksinasi dua kali dan menerima dua dosis booster, juga menggunakan Pfizer's Paxlovid, obat antivirus yang diberikan izin darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) pada bulan Desember lalu.

Setelah tes negatifnya awal pekan ini, Biden menggambarkan Paxlovid sebagai "pengubah permainan" dalam perang melawan Covid-19, dan mendesak orang Amerika untuk mendapatkan pil dari toko obat di seluruh negeri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini