Share

Gunung Raung Alami Peningkatan Aktivitas, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Avirista Midaada, Okezone · Senin 01 Agustus 2022 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 519 2639940 gunung-raung-alami-peningkatan-aktivitas-masyarakat-diimbau-tetap-tenang-tXRgpAvau9.jpg Gunung Raung (Foto: Pos PGA Gunung Raung/Ist/Avirista M)

BANYUWANGI - Gunung Raung mengalami peningkatan aktivitas dan status. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat tak panik. Pasalnya, setiap saat PVMBG selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan seluruh stakeholder di tiga daerah lokasi gunung tersebut.

Koordinator Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Oktory Prambada menjelaskan, setiap saat pihaknya selalu memperbarui informasi mengenai status dan aktivitas vulkanik Gunung Raung melalui laman resmi dan media sosial milik PVMBG.

"Langsung ke website PVMBG magma Indonesia, bisa follow media sosial Twitter, Instagram itu valid. Selain dari itu, kami tidak jamin kevalidannya," kata Oktory Prambada dikonfirmasi, Senin (1/8/2022).

BACA JUGA:Aktivitas Gunung Raung Meningkat, Masyarakat Diminta Waspadai Potensi Lava Pijar hingga Abu Vulkanik 

Sejauh ini, dikatakan Oktory, aktivitas vulkanik Gunung Raung memang belum bisa diprediksi. Hanya yang tampak dari pengamatan di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Raung diakui terjadi peningkatan aktivitas kegempaan tremor secara terus menerus.

"Hanya visual saja, ini lagi krisis kegempaan, gunungnya menggembung, dengan status ini kita harus familiar dengan letusan kecil yang tidak diprediksi kapan, lontaran material pijar yang hanya bisa dilihat di dalam kawah," kata dia.

BACA JUGA:Gunung Raung Alami Kegempaan Terus Menerus Pasca-Naik ke Level Waspada 

Pihaknya nantinya bakal memantau aktivitas vulkanik untuk dijadikan rujukan bilamana akan menaikkan status gunung. Namun, sejauh ini hal itu masih belum terjadi, karena Gunung Raung belum dapat diprediksi secara aktivitas vulkaniknya.

"Kalau besar kondisi bahayanya berubah, rekomendasi akan berubah, gejala-gejala juga tidak seperti yang kita lihat sekarang. Sekarang gunungnya ada asapnya tipis-tipis, tapi kegempaannya krisis. Itu nanti akan berbeda jika naik, atau malah turun. Tergantung ngikutin gunungnya," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Raung dinyatakan erupsi dengan mengeluarkan material abu vulkanik. Pos PGA Gunung Raung mencatat erupsi terjadi pada pukul 17.19 WIB hingga 17.28 WIB, pada Rabu sore 27 Juli 2022.

Material abu vulkanik meluncur ke arah barat dan barat laut menuju tiga kabupaten yakni Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso, yang berakibat hujan abu. Akibat adanya aktivitas vulkanik ini status Gunung Raung pun naik ke Waspada atau level II pada Jumat pagi, 29 Juli 2022.

Peningkatan status secara resmi dikeluarkan oleh Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia melalui surat nomor 380.Lap/GL.05/BGL/2022, tertanggal 29 Juli 2022.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini