Share

Perang China - Taiwan Makin Dekat, Kapal Perang Kedua Negara Saling Mengawasi

Tim Okezone, Okezone · Senin 08 Agustus 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 07 18 2643542 perang-china-taiwan-makin-dekat-kapal-perang-kedua-negara-saling-mengawasi-0eqeaAFaSL.jpg Ilustrasi/ Doc: Reuters

TAIPEI - Kapal perang China dan Taiwan bak bermain "kucing dan tikus" di laut lepas pada Minggu 7 Agustus 2022, beberapa jam sebelum latihan militer berakhir. Latihan militer China dijadwalkan empat hari sebagai reaksi atas kunjungan Juru Bicara Jubir Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan.

 BACA JUGA:Cerita Seru Gubernur Anies Hobi Pelihara Burung Sejak Kecil

Menukil Reuters, Kunjungan Nancy Pelosi pekan lalu ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu membuat marah China, yang menanggapi dengan peluncuran uji coba rudal balistik di atas ibu kota pulau itu untuk pertama kalinya dan pemutusan hubungan komunikasi dengan AS.

Sekitar 10 kapal perang masing-masing dari China dan Taiwan berlayar dalam jarak dekat di Selat Taiwan, dengan beberapa kapal China melintasi garis tengah, penyangga tidak resmi yang memisahkan kedua belah pihak, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut.

 BACA JUGA:Mafia Penjual Tanah Negara Rp5 Miliar di Makassar Ditangkap di Jakarta

Ketika pasukan China "menekan" di garis perbatasan, seperti yang mereka lakukan pada hari Sabtu, pihak Taiwan tetap dekat untuk memantau pergerakan China.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

"Kedua belah pihak menunjukkan pengekangan," kata orang itu. Dia pun menggambarkan manuver itu sebagai "kucing dan tikus" di laut lepas.

 Baca Selengkapnya:  Kapal Perang China dan Taiwan Saling Manuver Bak 'Kucing dan Tikus'


1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini