Share

BMKG: Enam Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 08 Agustus 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 07 340 2643615 bmkg-enam-daerah-di-kaltim-diprakirakan-hujan-petir-vKHJYjUwRV.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BALIKPAPAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan memprakirakan terdapat enam daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur mengalami hujan hujan petir pada Senin hingga Selasa 8-9 Agustus 2022.

"Hujan petir dapat berakibat pada sejumlah hal, sehingga semua pihak harus waspada terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar dilansir Antara, Minggu (7/8/2022).

Dampak dari hujan petir yang dapat disertai dengan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, jalan licin, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kehati-hatian harus diutamakan oleh semua pihak.

Peringatan dini terhadap prakiraan peristiwa ini pun telah ia sampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di kabupaten agar bisa dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya terhadap masyarakat.

Baca juga: Luwu Utara Diguncang Gempa M2,9

Sedangkan enam kabupaten/kota yang diprakirakan hujan petir tersebut adalah Kota Balikpapan, Kabupaten Berau, Kutai Kartanegara, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser.

Rinciannya adalah di Balikpapan pada Selasa (9/8), pada pagi sekitar pukul 05.00 Wita mengalami hujan petir di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan, dan Balikpapan Tengah.

Baca juga: 11 Provinsi Ini Mendapat Warning dari BMKG, Ada Apa?

Ia melanjutkan, di Kabupaten Berau pada Senin besok sekitar pukul 17.00 Wita hujan petir diprakirakan terjadi di empat kecamatan, yakni Kecamatan Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Sambaliung, dan Kecamatan Teluk Bayur.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Hujan petir di Kabupaten Kutai Kartanegara pada Senin sekitar pukul 17.00 Wita hanya di Kecamatan Tenggarong Seberang, dilanjutkan hujan ringan hingga dini hari.

Untuk Kabupaten Mahakam Ulu, hujan petir diprakirakan terjadi pada Senin sekitar pukul 20.00 Wita di dua kecamatan, yakni Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Kabupaten Penajam Paser Utara pada Selasa pagi sekitar pukul 05.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Babulu dan Kecamatan Waru.

"Kemudian di Kabupaten Paser diprakirakan hujan petir juga terjadi pada hari dan jam yang sama di dua kecamatan, yakni Kecamatan Long Kali dan Kecamatan Tanjung Harapan," kata Iwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini