Share

Jenazah Tentara India yang Hilang di Himalaya 38 Tahun Lalu Berhasil Ditemukan

Susi Susanti, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 18 2648792 jenazah-tentara-india-yang-hilang-di-himalaya-38-tahun-lalu-berhasil-ditemukan-hEwspcS7A9.jpg Jenazah tentara India yang hilang di Himalaya 38 tahun lalu berhasil ditemukan (Foto: Parda Phash)

INDIA - Chandrashekhar Harbola dan 19 rekannya terperangkap dalam longsoran salju selama operasi patroli di gletser Siachen di sepanjang perbatasan India-Pakistan pada 1984.

Lima belas mayat ditemukan kemudian tetapi lima masih hilang. Siachen adalah medan perang tertinggi di dunia dan tentara dari kedua negara tewas dalam badai dan longsoran salju.

Kantor berita PTI mengatakan satuan tentara yang melihat jasad Harbola juga menemukan satu lagi namun belum teridentifikasi.

Keluarga Harbola, yang tinggal di distrik Haldwani di negara bagian Uttarakhand, Himalaya, mengatakan penemuan itu akan memberi mereka sebuah penutupan atas pencarian mereka. Sebuah pemakaman dengan kehormatan militer penuh telah direncanakan di desanya.

 Bac juga: enam-tewas-dalam-baku-tembak-di-perbatasan-india-pakistan

Ini bukan pertama kalinya mayat seorang tentara ditemukan setelah beberapa dekade. Sebuah unit patroli menemukan mayat Tukaram V Patil pada 2014 - 2021 tahun setelah ia hilang di gletser.

Baca juga:  Usai Berpisah Selama 75 Tahun, India-Pakistan 'Dipersatukan' Media Sosial

Siachen telah menjadi daerah yang diperebutkan antara India dan Pakistan. Pembicaraan telah diadakan untuk mendemiliterisasi zona itu tetapi tidak berhasil.

Pasukan dari tetangga bersenjata nuklir bertempur dalam pertempuran singkat untuk menegaskan kendali mereka atas gletser Siachen pada 1984.

Lebih dari empat dekade kemudian, pasukan dari kedua negara masih ditempatkan di medan yang tidak ramah.

Setidaknya 129 tentara Pakistan tewas pada 2012 dalam longsoran salju di dekat gletser Siachen. Insiden itu mendorong seruan bagi India dan Pakistan untuk menarik pasukan dari daerah yang diperebutkan tetapi tetangga itu gagal mencapai keputusan.

Setidaknya 10 tentara India tewas dalam longsoran salju pada 2016 dan empat lainnya tewas pada 2019 dalam keadaan yang sama.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini