Share

Paus Mengaku Sudah Berdialog dengan Putin dan Zelensky

Susi Susanti, Okezone · Selasa 06 September 2022 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 18 2661909 paus-mengaku-sudah-berdialog-dengan-putin-dan-zelensky-PTjzAg1hT6.jpg Paus Fransiskus (Foto: Reuters)

VATIKAN - Paus Fransiskus mengungkapkan bahwa dia telah melakukan kontak dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan berbicara dengannya di telepon.

Dia mengatakan pernah bertemu Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin ketika mereka mengunjunginya di Roma. Tetapi ketika ditanya apa yang bisa dia katakan kepada keduanya, Paus mengatakan tidak tahu.

"Saya berdialog dengan keduanya [mereka]. Mereka berdua mengunjungi saya di sini sebelum perang. Dan saya selalu percaya bahwa dalam dialog kita selalu bergerak maju," ujarnya saat wawancara dengan CNN Portugal. 

"Kamu tahu siapa yang tidak tahu cara berbicara? Hewan. Mereka adalah naluri murni,” lanjutnya.

Paus diketahui telah dikritik karena beberapa komentarnya tentang perang Rusia di Ukraina. Dalam wawancara pada Juni lalu dengan surat kabar Italia La Stampa, Paus Fransiskus mengatakan perang itu "mungkin dalam beberapa hal diprovokasi atau tidak dicegah." Dia mengatakan bahwa sebelum Rusia menginvasi Ukraina, dia bertemu dengan "seorang kepala negara" yang "sangat khawatir tentang bagaimana NATO bergerak."

Baca juga: Paus Tegang dengan Ukraina, Vatikan Coba Perbaiki Hubungan

Bulan lalu, Paus membuat marah Kyiv dengan merujuk pada komentator politik Rusia Darya Dugina, putri seorang filsuf ultra-nasionalis, sebagai salah satu korban perang yang "tidak bersalah" setelah dia dibunuh oleh bom mobil di pinggiran Moskow.

Baca juga: Paus Tuding Rusia Lakukan Perang Agresi dan Imperialisme di Ukraina, Sebut Kejam serta Tak Masuk Akal

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Kementerian Luar Negeri Ukraina memanggil Nunsius Apostolik untuk Ukraina, Uskup Agung Visvaldas Kulbokas, untuk membahas pernyataan Fransiskus, dengan mengatakan bahwa itu "tidak adil" menyamakan "agresor dan korban."

Paus, yang sebelumnya telah mengindikasikan bahwa dia akan bersedia melakukan perjalanan ke Kyiv dan Moskow, mengatakan kepada CNN Portugal bahwa kunjungan semacam itu masih belum jelas atau masih mengambang.

Tidak ada Paus yang pernah melakukan perjalanan ke Moskow sebelumnya. Paus Yohanes Paulus II melakukan perjalanan ke Ukraina pada tahun 2001.

Dia mengatakan dia tidak dapat melakukan perjalanan saat ini karena masalah dengan lututnya, tetapi mengatakan bahwa kehadirannya di Ukraina "kuat" karena dia mengirim beberapa kardinal ke Kiev untuk mewakilinya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini