Share

Viral Bule Kencing di Kawah Bromo, Warga Tengger Marah Besar

Hana Purwadi, iNews · Rabu 14 September 2022 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 519 2667354 viral-bule-kencing-di-kawah-bromo-warga-tengger-marah-besar-dCUbLh42vM.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JATIM - Video viral yang diunggah akun @hometown.earth di jejaring Instagram mengundang kemarahan warga. Semula, tidak ada yang aneh dari video kunjungan ke kawasan bromo ini. Namun menjelang akhir video, nampak seorang wisatawan asing kencing di bibir kawah bromo.

Video tersebut memantik kemarahan warga suku Tengger, serta pelaku wisata. Selama ini kawasan puncak kawah Bromo, ditetapkan sebagai kawasan suci warga Tengger. Di mana warga sekitar, melakukan sejumlah ritual, seperti larung saji pada saat upacara Yadnya Kasada.

Unggahan itupun viral di media sosial dan menuai kecaman. Warga setempat menyayangkan, tindakan tak patut wisatawan asing itu.

"Kami mendesak wisatawan asing yang bersangkutan, segera meminta maaf. Tindakan itu melecehkan kawasan sakral dan menodai adat budaya Tengger. Seperti halnya wisatawan asing yang foto bugil di bawah pohon keramat di Pulau Bali," kata warga tengger Digdoyo Djamaludin.

Warga Tengger juga berharap, ada tindakan dari pengelola wisata setempat. Di antaranya dengan memperbanyak papan peringatan dan larangan di sekitar lokasi wisata, sehingga aksi serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(kha)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini