Share

Antusiasme Masyarakat Mengikuti Donor Darah PSMTI Jawa Barat

Fitri Rachmawati, iNews · Sabtu 17 September 2022 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 525 2669685 antusiasme-masyarakat-mengikuti-donor-darah-psmti-jawa-barat-Em117EgRDJ.jpg Ilustrasi (Foto : MPI)

BANDUNG - Ketua Harian PSMTI Jawa Barat, Djoni Toat bersyukur antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan donor darah di Mal Paris Van Java, Bandung tinggi. Hal ini bisa dilihat dari antrean masyarakat yang tengah menunggu giliran donor darah cukup banyak.

“Kita (PSMTI Jawa Barat) sangat senang antusias masyarakat di Kota Bandung sangat tinggi terhadap kegiatan donor darah yang kita lakukan ini. Setelah hari ini, kita akan melakukan kegiatan donor darah lagi dan akan terus rutin dilakukan,” kata Djoni Toat kepada MNC, Bandung, Sabtu, 17 September 2022.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat ikut dalam kegiatan donor darah yang digagas PSMTI Jawa Barat, ia yakin target 200 labu darah bisa terlampaui bahkan bisa lebih.

Hal ini bercermin dari acara donor darah PSMTI Jawa Barat sebelumnya yang acap kali berhasil mengumpulkan banyak lagu darah untuk PMI Kota Bandung.

“Hari ini PSMTI Jawa Barat menargetkan 200 labu, dan saya yakin bisa tercapai bahkan lebih. Kita lihat saja nanti, apakah bisa sesuai target atau tidak,” kata dia.

Sebagai bentuk terima kasih atas dukungan dan kontribusi masyarakat terhadap kegiatan bakti sosial ini, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia telah menyediakan berbagai hadiah sebagai kenang-kenangan.

“Ada hadiah menarik dari kita sebagai kenang-kenangan dari kami. Hadiah hanya sebagai pendorong saja, karena alhamdulilah banyak pendonor aktif datang kesini, dan pendonor baru yang mendonorkan darahnya hari ini,” ucap dia.

Bagi yang ingin mendonorkan darahnya di lain waktu atau di kegiatan donor darah selanjutnya, Djoni Toat mengajak masyarakat yang berminat menguhubungi PSMTI Jawa Barat atau Bandung atau bisa memantau media sosial resmi milik PSMTI.

Di tempat yang sama, salah satu pendonor aktif Jeanny (47 tahun) mengaku sangat antusias mengikuti acara donor darah yang diselenggarakan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia. Bagi Jeanny, donor darah yang dilakukan hari ini adalah yang ke 2 kalinya di bulan ini.

“Saya rutin donor darah, dalam 2 bulan belakangan saya sudah 4 kali donor darah,” kata Jeanny.

Jeanny sangat senang bisa membantu sesama dengan donor darah. Lagi pula sepengetahuannya, dengan rutin mendonorkan darah justru lebih sehat.

Meskipun demikian, Jenny sebagai pendohor aktif mengaku sempat 2 kali ditolak saat ingin mendonorkan darahnya karena hemoglobin darah saat itu sedang rendah. Sehingga ia mengurungkan niatnya tersebut.

“Pengen sejak kemarin, karena dulu sempat ditolak gara-gara HB rendah jadi enggak boleh. Sekrang HB saya bagus dan bisa mendonorkan darah lagi,” ucap dia.

Setelah dua kali mendonorkan darah,dirinya tak ragu untuk mendonorkan darah lagi karena sudah menjadi pendonor aktif, dan biasanya selalu ada pemberitahuan dari penyelenggara bakti sosial untuk menanyakan kesediannya.

“Kalau saya, ikut acara ini dapat email dari PSMTI Jabar-nya. PSMTI Jabar tanya dulu soal kesedian. Sebelumnya, saya juga donor darah di Yayasan Dana Sosial Priangan Bandung,” ucap dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini