Share

Tingkatkan Aksi untuk Iklim, Uni Eropa Gelar Pekan Diplomasi Iklim di Jakarta dan Bali

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 18 September 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 18 18 2669924 tingkatkan-aksi-untuk-iklim-uni-eropa-gelar-pekan-diplomasi-iklim-di-jakarta-dan-bali-Msu8QHiPTb.jpeg Pekan diplomasi Iklim di Jakarta, 18 September 2022. (Foto: Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia)

JAKARTA - Uni Eropa pada Minggu, (18/9/2022) memulai rangkaian Pekan Diplomasi Iklim (Climate Diplomacy Week) melalui kegiatan bersih-bersih bersama di Jakarta dan Bali. Pekan Diplomasi Iklim merupakan bagian dari kampanye global guna menjalin kerja sama dan menginspirasi berbagai pihak untuk beraksi nyata bagi iklim.

Peringatan Pekan Diplomasi Iklim 2022 ini berlangsung dari 18 September hingga 1 Oktober, dalam satu seri kegiatan yang mengangkat tema ‘Hijau dan Biru untuk Iklim’.

BACA JUGA: Atasi Krisis Perubahan Iklim, Uni Eropa Akan Beli 12 Pesawat Pemadam Kebakaran Hutan

“Perubahan iklim adalah tantangan global terbesar pada masa ini. Kita melihat berbagai dampak perubahan iklim pada kehidupan kita setiap harinya, dan ini terjadi di seluruh penjuru dunia tanpa terkecuali. Berbicara tentang aksi iklim tentunya tak lepas dari transisi menuju energi bersih, penciptaan lapangan kerja berwawasan lingkungan, juga mempromosikan ekonomi sirkular,” kata Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, H.E. Vincent Piket.

“Kami percaya bahwa aksi untuk iklim tak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan, melainkan juga meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat. Mengatasi perubahan iklim memerlukan kolaborasi antar seluruh pihak. Oleh karena itu, kami tak henti menjangkau masyarakat Indonesia, terutama kaum muda, untuk merayakan dan mengambil bagian dalam aksi iklim,” jelas Duta Besar Piket lewat video pembukaan Pekan Diplomasi Iklim.

BACA JUGA: Bertemu Wapres Uni Eropa, Presiden Jokowi Komitmen RI Atasi Perubahan Iklim

Uni Eropa memulai rangkaian kegiatan Pekan Diplomasi Iklim dengan melakukan plogging – picking up litter and jogging atau memungut sampah sambil joging – yang dilakukan pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Sudirman-Thamrin Jakarta hari ini.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kegiatan plogging sekaligus memperingati Hari Bersih-bersih Sedunia bertujuan untuk mengajak masyarakat semakin peduli tentang pentingnya mengurangi plastik sekali pakai sebagai upaya pelestarian ekosistem laut yang memiliki peranan penting dalam menjaga planet bumi dan iklimnya.

Turutberpartisipasi pada kegiatan plogging ini perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, proyek kerja sama GIZ Rethinking Plastics, serta mitra komunitas World Cleanup Day Indonesia dan Plustik.

Dihadapkan pada ancaman krisis energi global, Pekan Diplomasi Iklim tahun inimemberikan perhatian lebih pada isu energi. Uni Eropa telah merumuskan sejumlah kebijakan yang komprehensif untuk mendukung percepatan transisi menuju energi terbarukan serta secara bertahap meninggalkan bahan bakar fosil. Kebijakan ini tertuang dalam EU Green Deal atau Kesepakatan Hijau Uni Eropa dan Fit for 55. Paket kebijakan ini akan mengurangi emisi gas rumah kaca di Uni Eropa hingga 55% dan meningkatkan target efisiensi energi hingga 32,5% pada tahun 2030.

Peran generasi muda menjadi salah satu fokus utama pada Pekan Diplomasi Iklim tahun ini, seiring dengan peringatan Tahun Pemuda Eropa 2022.

“Kami sangat terkesan dan terinspirasi oleh para pemuda dan masyarakat sipil di seluruh dunia yang telah menjadi penggerak aksi iklim, menjadikan isu iklim sebagai prioritas dan mendorong terwujudnya perubahan positif dalam kebijakan dan praktik usaha. Inilah saatnya untuk mendengarkan mereka dan bergerak bersama dalam kolaborasi aksi lingkungan yang memberikan manfaat bagi bumi, masyarakat dan kesejahteraan,” terang Duta Besar Piket.

Pekan Diplomasi Iklim 2022 akan mencakup 3 tema: aksi iklim dan transisi energi bersih; pelestarian alam, lautan, hutan dan keanekaragaman hayati; kota berkelanjutan dan ekonomisirkular. Melalui kerja sama dengan beragam komunitas di Indonesia, Pekan Diplomasi Iklim 2022 akan menampilkan talk show interaktif, pemutaran film, kompetisi ide untuk pemuda, bersepeda kolektif, penampilan musik, dan berbagai kegiatan lainnya. Seluruh kegiatan terbuka untuk publik tanpa dipungut biaya, dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui https://climatediplomacyweek2022.id/.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini