Share

Viral Penumpang di Stasiun Tugu Terjatuh saat Kejar Kereta

Erfan Erlin, iNews · Senin 19 September 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 510 2670268 viral-penumpang-di-stasiun-tugu-terjatuh-saat-kejar-kereta-2X2oQxpfrq.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

YOGYAKARTA - Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria terjatuh ketika mengejar kereta viral di media sosial (medsos). Postingan tersebut sempat menarik perhatian warganet dan mengundang komentar beragam

Akun Twitter @Merapi_uncover memuat postingan dari pemilik akun @mei_peseek soal pria yang ketinggalan kereta tersebut.

"Diduga Ketinggalan Kereta, Seorang Pria Terjatuh. Kejadian hari ini, Minggu (18/09/2022) sekira pukul 09.45 WIB di Stasiun Tugu Yogyakarta, DIY," tulisnya.

Seorang pria terlihat berlari dan mencoba masuk ke dalam kereta yang sudah mulai berjalan.

Melihat aksi nekat pria tersebut seorang petugas berusaha untuk menghalangi karena membahayakan dirinya.

Baca juga: Video Prabowo Setia di Sisi Jokowi Viral, Tuai Pujian Warganet: Benar Kata Gus Dur

Tapi, pria tersebut tak menghiraukan petugas dan tetap berusaha untuk masuk ke dalam kereta yang akhirnya terjatuh.

"Dengan sigap petugas langsung menariknya agar pria tersebut tidak terperosok ke bawah, dan dari kejadian ini dia hanya mengalami luka ringan," tulis @mei_peseek.

Baca juga: Perkara Ambil Ikan di Empang, Emak-Emak Dipukuli Oknum Polisi

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo membenarkan peristiwa tersebut. Ia membenarkan penumpang kereta api yang berusaha masuk ke dalam kereta yang sudah bergerak sehingga mengakibatkan penumpang itu kakinya terjatuh ke celah antara kereta dan peron di Stasiun Yogyakarta pada hari Minggu 18 September 2022 kemarin.

"Ya memang betul peristiwa terjadi pada hari Minggu kemarin di Stasiun Yogyakarta," tutur Frans Senin (19/9/2022).

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Frans menyebutkan bahwa peristiwa tersebut dialami oleh penumpang KA Bangunkarta relasi Jombang-Pasar Senen. Berdasarkan informasi petugas stasiun, penumpang sebelumnya sudah berada di kereta dan ketika kereta berhenti di Stasiun Yogyakarta, penumpang tersebut turun untuk membeli makanan.

Namun pada saat kembali, kereta sudah melaju dan ditahan petugas keamanan agar tidak naik. Kendati demikian, penumpang tetap nekat berusaha naik sehingga akhirnya satu kakinya terjatuh ke sela-sela antara peron dan kereta.

"Petugas kemudian dengan sigap menggapainya,"ujar dia.

Selanjutnya petugas stasiun membawanya ke Pos Kesehatan di Stasiun Yogyakarta untuk mendapatkan pertolongan pertama dan segera menghubungi Klinik Mediska Yogyakarta untuk penyediaan ambulance untuk membawanya ke Rumag Sakit Panti Rapih.

Baca juga: Viki Maintrova, Wisudawan Viral dengan Gaya Nyentrik Bak Super Model

"Dia cidera kaki kanannya,"ujar dia.

Terkait dengan peristiwa tersebut, Franoto menekankan tentang pentingnya mematuhi arahan petugas untuk keselamatan bersama. Ia berharap jika penumpang ada keperluan mendesak sehingga harus turun di suatu stasiun, diharapkan agar berkoordinasi terlebih dahulu dengan petugas di kereta api.

"Nomor telepon petugas yang berdinas selalu ada di dinding kereta untuk memudahkan bertukar informasi," tambah Franoto.

Baca juga: Viral Wanita Cantik Curhat Dilecehkan di Gili Trawangan, Dispar Langsung Bertindak

Menurutnya, jeda kereta berhenti untuk turun naik penumpang di suatu stasiun, tidak lama, rata-rata hanya 3-5 menit. Untuk itu, Franoto mengimbau agar penumpang selalu memperhatikan pemberitahuan di stasiun dan di dalam kereta.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah memperhitungkan waktu kedatangan ke stasiun ketika akan berangkat menggunakan kereta api. Franoto berpesan agar penumpang kereta tidak datang terlalu dekat dengan waktu keberangkatan kereta.

"Kami tekankan lagi agar penumpang mematuhi arahan petugas di stasiun sehingga ketertiban dan keselamatan tetap terjaga" tandas Franoto.

Baca juga: Momen Menggelitik Ketika Hand Flower Ratu Elizabeth II Dimakan Kuda Poni

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini