Share

Raja Charles Pertimbangkan Ubah UU Kerajaan, Pangeran Harry dan Andrew Terancam Dicopot

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 21 September 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 18 2671335 raja-charles-pertimbangkan-ubah-uu-kerajaan-pangeran-harry-dan-andrew-terancam-dicopot-BNB20XRi47.jpg Pangeran Harry (Foto: Reuters)

LONDONRaja Charles III dilaporkan sedang mempertimbangkan mengubah undang-undang (UU) terkait keluarga Kerajaan Inggris. Jika ini dilakukan, Pangeran Harry, Pangeran Andrew, dan Putri Beatrice terancam kehilangan peran kunci mereka dalam monarki Inggris.

Meskipun bukan berstatus sebagai bangsawan yang bekerja, kedua Pangeran, Harry dan Andrew, serta Putri Beatrice dianggap sebagai Penasihat Negara, yang dapat diandalkan oleh Raja Charles untuk melaksanakan tugas konstitusional jika dia sakit atau tidak ada di negara tersebut.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Ini Tantangan Terberat yang Dihadapi Raja Charles III 

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Perwalian tahun 1937, yaki pasangan raja dan empat orang dewasa berusia di atas 21 tahun di garis pewaris takhta secara otomatis menjadi Penasihat yang dapat menggantikan kedaulatan dalam tugas resmi, termasuk menghadiri pertemuan Dewan Penasihat, menandatangani dokumen rutin dan menerima kredensial duta besar baru untuk Inggris.

Baca juga: Raih Banyak Dukungan Publik untuk Ratu Elizabeth II, Raja Charles III dan Permaisuri Camilla 'Sangat Tersentuh'

Namun, Telegraph melaporkan Raja menginginkan undang-undang tersebut diubah sehingga hanya anggota Firma, Keluarga Kerajaan yang bekerja, yang dapat menjadi Penasihat. Langkah ini jelas akan menghapus gelar Andrew, Harry dan Beatrice.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Laporan itu menyebutkan bahwa Raja Charles diyakini mengakui ketidaksesuaian dalam memiliki tiga bangsawan yang tidak bekerja memegang peran yang mungkin membuat mereka menjalankan tugas konstitusional.

Baca Selengkapnya: Raja Charles Berencana Copot Pangeran Harry dan Andrew dari Tugas Kerajaan Inggris

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini