Share

Batas-Batas Wilayah Benua Afrika Lengkap Serta Letak Astronomisnya

Alfilya Tri Maulina, Okezone · Selasa 20 September 2022 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 18 2671418 batas-batas-wilayah-benua-afrika-lengkap-serta-letak-astronomisnya-2AUOiQcPPo.jpg Ilustrasi negara Afrika yang berada di Benua Afrika (Foto: IPS-Journal)

JAKARTA - Benua Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia dan menempati urutan kedua dengan populasi terbanyak setelah Asia. Afrika adalah tempat tinggal manusia yang paling awal. Dari benua ini manusia kemudian menyebar ke benua-benua lain.

Afrika merupakan satu-satunya benua yang ditinggali nenek moyang manusia hingga sekitar dua juta tahun lalu. Benua Afrika dibagi atas lima kawasan yaitu Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan.

Afrika terkenal sekali dengan sebutan si kulit hitam, bahkan Benua Afrika memiliki julukkan Benua hitam. banyak yang berkulit gelap karena mereka tinggal di tempat yang terpapar matahari terik dalam rentang waktu panjang. Orang Afrika tinggal di Benua Afrika yang panas. Karena suhu yang panas, Orang Afrika punya kulit dan rambut yang berwarna hitam. Warna hitam itu berasal dari zat melanin. Zat ini punya tugas melindungi tubuh dari pancaran sinar.

 Baca juga: Perlu Diketahui, Ini Batas-Batas Benua di Dunia

Dikutip Brittanica.com bahwa pada zaman kuno orang-orang Yunani menyebut benua Afrika dengan nama benua Libya. Sementara orang Romawi menyebutnya dengan nama Afrika. bahasa Yunani aphrike berarti tanpa dingin; atau dari bahasa Latin aprica berarti cerah.

  • Letak Astronomis Benua Afrika

Dikutip dari Wikipedia bahwa :

• Luas Benua Afrika adalah 30.250.000 kilometer persegi. Benua Afrika dikelilingi oleh samudra dan laut, serta terusan.

• Garis lintang dan bujur Benua Afrika terletak di 37°LU - 34°LS dan 17°BB - 51° yang dilalui garis khatulistiwa dan wilayah daratnya sebagian besar di belahan bumi utara.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

  • Batas-batas Benua Afrika

1. Bagian Sebelah Utara

Laut Tengah (Laut Mediterania)

2. Bagian Sebelah Timur

Terusan Suez, Samudra Hindia dan Laut Merah

3. Bagian Sebelah Selatan

Samudra Atlantik

4. Bagian Sebelah Barat

Samudra Atlantik

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini