Share

Batas-Batas Wilayah Benua Asia Serta Pembagian Wilayahnya

Nadilla Syabriya, Okezone · Kamis 22 September 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 18 2673045 batas-batas-wilayah-benua-asia-serta-pembagian-wilayahnya-rK3b6qsNF3.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA - Benua Asia menjadi benua terbesar di dunia dalam segi luas dan jumlah penduduk. Asia memiliki luas sekitar 49,7 juta km² (19.189.277 mil persegi), yang setara dengan sekira 30 persen dari total luas daratan Bumi.

BACA JUGA: Daftar Negara Maju dan Berkembang di Asia Serta Karakteristiknya

Asal-usul nama Asia diyakini berasal dari kata Assyria, yang berarti ”timur”. Penjelasan lain yang mendukung ialah bahwa pada awalnya ada nama lokal yang diberikan untuk dataran Efesus, yang oleh orang Yunani dan Romawi kuno diperluas untuk merujuk pertama ke Anatolia (Asia Kecil kontemporer, yang merupakan ujung barat Asia daratan).

Secara astronomis, Asia berada di antara 79° LU-11° LS dan 25° BT-170° BT. Hal tersebut membuat benua ini memiliki sebanyak delapan iklim, yaitu tropis, sub tropis, sedang, dingin, darat, mediteran, kutub dan pegunungan.

Sedangkan secara geografis benua Asia terdiri dari enam region, yaitu Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Barat dan Asia Utara. Selain itu, benua terbesar ini berbatasan langsung dengan beberapa samudra dan negara.

BACA JUGA: Perlu Diketahui, Ini Batas-Batas Benua di Dunia

Mengutip dari britannica.com berikut uraiannya.

Utara: Samudra Arktik

Selatan: Samudra Hindia

Timur: Selat Bering dan Samudra Pasifik bagian timur

Barat: Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Pada dasarnya, pembagian wilayah kawasan benua Asia dilakukan karena adanya perbedaan budaya pada wilayah tersebut. Berikut ialah daftar negara-negara yang terdapat dalam kawasan benua Asia seperti dikutip dari worldatlas.com

1. Asia Tengah

Asia Tengah adalah kawasan yang terdiri dari lima negara: Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan.

2. Asia Timur

Asia Timur adalah salah sebuah sub-wilayah Asia yang memiliki luas sekitar 11.840.000 km², atau 15 persen dari benua tersebut. Negara-negara yang terletak di kawasan ini, yaitu Republik Rakyat Tiongkok, Mongolia, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Makau, Taiwan, dan Hongkong.

3. Asia Selatan

Asia Selatan merupakan sebuah wilayah geopolitik di bagian selatan benua Asia yang terdiri dari daerah-daerah di anak benua India dan sekitarnya. Negara yang meliputi kawasan ini diantaranya Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan dan Sri Lanka.

4. Asia Tenggara

Asia Tenggara mencakup Semenanjung Indochina dan Semenanjung Malaka, Serta Wilayah Kepulauan Melayu. Kawasan ini terdapat 10 negara antara lain Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam Brunei Darussalam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

5. Asia Barat

Asia Barat atau Asia Barat Daya terdiri dari negara-negara wilayah Timur Tengah dan Timur Dekat yang berada di benua Asia. Istilah "Asia Barat" lebih sering digunakan dalam tulisan mengenai arkeologi dan masa prasejarah kawasan itu. Kawasan ini meliputi negara Turki, Arab Saudi, Armenia, Azerbaijan, Bahrain, Georgia, Irak, Iran, Israel, Kuwait, Libanon, Oman, Qatar, Siprus, Suriah, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Yordania.

6. Asia Utara

Asia Utara, biasa juga disebut sebagai Siberia, adalah wilayah utara Asia, terdiri dari wilayah Rusia di timur Pegunungan Ural: Ural, Siberia, dan Timur Jauh Rusia. Wilayah ini terkadang juga dikenal sebagai Rusia Asia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini