Share

Tingkatkan Pelayanan Adminduk, Bupati Belitung Timur Raih Penghargaan KDI 2022

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 23 September 2022 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 1 2673695 tingkatkan-pelayanan-adminduk-bupati-belitung-timur-raih-penghargaan-kdi-2022-DAqo2kuYM1.jpg Bupati Belitung Timur menerima penghargaan KDI 2022 (Foto: MNC Portal Indonesia)

SEMARANG - Bupati Belitung Timur Burhanudin berhasil meraih penghargaan dalam ajang Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk Kategori Pelayanan Publik dengan inovasi Kios Pelayanan (KP) Dukcapil-SELINA (Sistem Elektronik Pelayanan Administrasi Kependudukan).

Penghargaan ini diterima langsung Bupati Burhanudin pada malam puncak KDI 2022 di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022). Bupati Burhanudin mengatakan, penghargaan tersebut ditujukan untuk semua pihak yang telah berkontribusi dalam memberikan layanan adminduk kepada masyarakat Belitung Timur.

"Terima kasih kepada MNC Portal Indonesia, MNC Group atas penghargaan yang diberikan untuk kategori Pelayanan Publik dengan inovasi pelayanan administrasi kependudukan. Terima kasih kepada Pemkot Semarang yang menjadi tuan rumah KDI 2022," jelas Burhanudin.

Malam puncak KDI 2022 dibuka oleh Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna. Dirinya mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang meraih penghargaan KDI 2022.

“Kita menghadapi kenyataan bahwa begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi. oleh karena itu dibutuhkan terobosan, inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

Inovasi Kios Pelayanan (KP) Dukcapil-SELINA (Sistem Elektronik Pelayanan Administrasi Kependudukan) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Sehingga penduduk semakin mudah dalam memiliki dokumen kependudukan dan mendekatkan layanan administrasi kependudukan ke masing-masing tempat tinggal penduduk di setiap desa.

KP Dukcapil-SELINA ini merupakan upaya Disdukcapil Pemkab Belitung Timur untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Terutama dalam mengakses pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, dengan cara mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan secara daring.

 

KP Dukcapil-SELINA memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan dan catatan sipil. (Foto: dok Pemkab Belitung Timur)


Dengan KP Dukcapil-SELINA yang diinisiasi Pemkab Belitung Timur semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat pelayanan administrasi kependudukan dengan mudah, cepat, dan bebas pungli.

Dengan inovasi KP Dukcapil-SELINA masyarakat tidak lagi ribet dalam mengurus dokumen kependudukan dan catatan sipil, seperti Kartu Keluarga, KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), Surat Keterangan Pindah WNI, Akta Kelahiran, hingga Akta Kematian.

KP Dukcapil-SELINA semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kependudukan, tanpa perlu lagi mendatangi kantor Disdukcapil. Selain itu, ada juga layanan bangkit berdaya online dan aplikasi Simpor, yang digunakan sebagai alat komunikasi digital antar stakeholder dalam melaksanakan pengawasan pembangunan.

 

Bupati Belitung Timur bersama Agung Firman Sampurna, tamu undangan, dan kepala daerah lainnya. (Foto: MNC Portal Indonesia)


Dengan inovasi KP Dukcapil-SELINA, Bupati Belitung Timur Burhanudin pun berhasil mendapatkan apresiasi pada penghargaan KDI 2022 dalam kategori Pelayanan Publik. Terkait hal itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan jika masa Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa, betapa susahnya melakukan tata kelola pemerintahan daerah.

“Maka dalam kondisi yang sangat penuh tantangan ini ketika kita menemukan ada Gubernur inovatif, ada bupati inovatif, ada wali kota inovatif tentu ini adalah satu hal yang menggembirakan dan membanggakan,” kata Mendes.

Seperti diketahui, penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022 merupakan apresiasi yang diberikan MNC Portal Indonesia dan Koran SINDO kepada para kepala daerah berprestasi. KDI digelar pertama kali di Solo, Jawa Tengah pada 2014. Kemudian, digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada 2015, sedangkan pada 2016 di Bandung, Jawa Barat.

Kemudian, KDI 2017 dilangsungkan di Jakarta, dan pada 2018 KDI kembali dihelat di Makassar, Sulawesi Selatan, hingga berlanjut ke Padang, Sumatera Barat pada 2019. Sementara itu, pada pada 2020 dan 2021 digelar secara virtual karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Kali ini, KDI digelar Semarang, Jawa Tengah dengan mengusung tema Inovasi untuk akselerasi kemajuan daerah menyongsong era society 5.0. Terdapat lima kategori penghargaan yang diberikan, yakni pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan dan Pendidikan.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini