Share

5 Kisah Kekejaman dan Kegilaan Pablo Escobar, Salah Satunya Bakar Duit

Rina Anggraeni, Okezone · Selasa 27 September 2022 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 18 2675610 5-kisah-kekejaman-dan-kegilaan-pablo-escobar-salah-satunya-bakar-duit-DJvaqjot3q.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA- 5 kisah kekejaman dan kegilaan Pablo Escobar menarik diulas. Pria tersebut diketahui merupakan seorang penjahat terkenal yaitu Pablo Escobar. Pria tersebut merupakan seorang gembong narkoba yang sempat menguasai 80% perdagangan kokain dunia di masa kejayaannya.

Escobar bahkan sempat tercatat sebagai orang terkaya ketujuh di dunia versi majalah Forbes. Menjadi kaya membuat pria yang lahir dan besar di Medellin, Kolombia itu membangun dan membeli sesuatu di luar normal. Pada 1978, Escobar membangun rumah mewah dengan halaman yang luas di tanah kelahirannya. Istananya ini kemudian dinamai Hacienda Napoles.

Pablo

Berikut 5 kisah kekejaman dan kegilaan Pablo Escobar dirangkum dari berbagai sumber:

1. Bikin Kebun Binatang

Pablo Escobar juga mendirikan kebun binatang pribadi. Koleksi di kebun binatangnya yaitu terdiri dari gajah, jerapah, burung unta dan kuda nil. Escobar diketahui memiliki 4 kuda nil yang terdiri dari 1 kuda nil jantan dan 3 betina. Mamalia tersebut didapatkan Escobar secara ilegal dan diselundupkan melalui Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

2. Mengedarkan Kokain

 Dia menyelundupkan sekira 15 ton kokain ke Amerika Serikat per harinya. Seorang wartawan bernama Ioan Grillo mengatakan, kartel Medellín menyelundupkan sebagian besar kokain mereka ke Pantai Florida.

"Jaraknya 900 mil dari pantai utara Kolombia dan sangat terbuka lebar. Mereka hanya perlu membuang kargo tersebut ke tengah laut, dan akan diambil dengan kapal atau bahkan terbang dan menjatuhkan kargo tersebut tepat ke daratan Florida serta membiarkan mereka jatuh di perdesaan," kata Grillo.

3. Bakar Duit

Dia pernah membakar uang tunai sebanyak USD2 juta karena putrinya merasa kedinginan. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Don Juan pada 2009, anak Escobar Juan Pablo yang mengubah namnya menjadi Sebastian Marroquin menjelaskan keadaan saat itu.

Marroquín mengatakan, ketika keluarga tersebut tinggal di sebuah tempat persembunyian di Gunung Medellín, putri Escobar yakni Manuela menderita hipotermia. Agar menjaga suhu tubuhnya tetap hangat, dia pun memutuskan untuk membakar uang tunai USD2 juta.

4. Merencanakan Ledakan

Escobar telah merencanakan ledakan itu dengan harapan bahwa teror tersebut akan membunuh calon presiden, Cesar Gaviria Trujillo. Namun, Trujillo tidak dalam penerbangan itu yang kemudian menjadi presiden Kolombia. Pemboman tersebut juga mengakibatkan kematian dua orang Amerika, yang menyebabkan pemerintahan Bush memulai perburuan mereka untuk Escobar dan berencana membawanya ke pengadilan.

5. Koleksi Gadis Dibawah Umur

Pada tahun 1976, sebelum kariernya di kartel benar-benar dimulai, Pablo Escobar menikahi gadis muda Maria Victoria Henao. Dia berusia 26 tahun, dan Maria berusia 15 tahun. Hubungan Escobar dengan gadis-gadis muda terus berlanjut hingga pernikahannya. Gadis di bawah umur dari lingkungan miskin dikumpulkan oleh sekelompok anak buahnya yang bernama Los Senuelos yang berartiumpan.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini