Share

Curi Uang Pensiunan, Bandit Spesialis Pecah Kaca Mobil Diringkus

Dede Febriansyah, MNC Portal · Senin 03 Oktober 2022 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 610 2679533 curi-uang-pensiunan-bandit-spesialis-pecah-kaca-mobil-diringkus-AxaD5IE6RO.jpg Bandit yang mencuri uang pensiunan berhasil diringkus/Foto: Dede Febriansyah

PAGARALAM - Herry Antoni (44), warga Pagar Sari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Musirawas (Mura) ditangkap Satreskrim Polres Pagaralam. Tersangka merupakan buronan bandit pecah kaca yang terjadi lima bulan lalu, Kamis (19/5/2022), di kawasan Masjid Agung Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam.

 BACA JUGA:Viral Tendangan Kungfu Prajurit TNI ke Aremania saat Tragedi Kanjuruhan, Jenderal Dudung: Proses Hukum!

Kapolres Pagaralam, AKBP Arif Harsono mengatakan, bahwa pihaknya yang dibantu Satreskrim Polres Musi Rawas (Mura) melakukan penangkapan terhadap tersangka di kediamannya di Kabupaten Mura.

"Tersangka Herry merupakan satu dari dua buronan bandit pecah kaca Polres Pagaralam. Tersangka ditangkap, Jumat (30/9/2022) kemarin, sekitar pukul 01.00 WIB. Sementara pelaku lainnya yakni Mustopa masih DPO dan terus diburu petugas," ujar Arif, Senin (3/10/2022).

 BACA JUGA:Jenderal Andika Bakal Tindak Oknum TNI Lakukan Kekerasan saat Tragedi Kanjuruhan

Dijelaskan Kapolres, kejadian pecah kaca tersebut berawal saat korban Rasyidi Amri (62), pensiunan PNS yang tinggal di Jalan Raya Tanjung Cermin Perumnas Nendagung, RT 008, RW 004, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, Kota Pagaralam, memarkirkan mobil di samping Masjid Agung untuk shalat dzuhur.

"Saat akan shalat, korban meninggalkan sebuah tas yang berisikan uang sebesar Rp9 juta dan sejumlah surat penting lainnya di dalam mobil. Dan selesai shalat, korban terkejut melihat kaca pintu sebelah kiri mobilnya sudah pecah. Semua uang dan surat-surat penting korban pun hilang," jelasnya.

Dari pemeriksaan terhadap tersangka, lanjut Arif, terungkap bahwa tersangka Herry sebelum kejadian telah memantau situasi dengan cara duduk menunggu di salah satu counter handphone yang berada di depan Masjid Agung.

"Rekan tersangka yakni Mustofa tugasnya memantau korban dari seberang jalan Masjid Agung, sedangkan tersangka Herry terus memantau situasi dari seberang masjid," jelasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sekitar sepuluh menit kemudian, tersangka Herry menghampiri dan mengintip jendela mobil. Setelah dirasa aman, pelaku dengan cekatan memecahkan kaca mobil depan sebelah kiri dengan cara melemparkan pecahan keramik busi dan didorong.

"Tersangka Herry langsung mengambil tas yang berisikan uang tunai Rp9 juta dan surat penting lainnya. Setelah itu, pelaku Mustopa langsung menjemput Herry Antoni dengan menggunakan sepeda motor dan langsung melarikan diri ke arah Kabupaten Mura," jelas Kapolres.

Dalam penangkapan tersangka Herry di kediamannya, petugas juga mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Yamaha MX King warna putih beserta STNK dan satu lembar baju kaos lengan panjang warna abu-abu.

"Saat ini tersangka berikut barang bukti sudah diamankan di Polres Pagaralam guna proses penyidikan lebih lanjut. Sedangkan DPO Mustopa masih dalam pengejaran petugas," jelasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini