Share

8 Negara yang Tidak Memiliki Tentara, Tapi Masih Aman

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Jum'at 07 Oktober 2022 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 18 2682816 8-negara-yang-tidak-memiliki-tentara-tapi-masih-aman-qDj1bRBxb0.jpg Ilustrasi (Foto: AFP)

JAKARTA- Mengulas 8 negara yang tidak memiliki tentara. Suatu negara untuk menjaga kedaulatannya tentu memiliki alat pertahanan.

Tentara

Tentara sebagai alat pertahanan negara menjadi salah satu unsur penting. Para abdi negara ini umumnya bertugas dan dilatih untuk menjaga negara dari serangan negara lain.

Namun, ternyata ada beberapa negara yang tak memiliki tentara sebagai unsur pertahanannya. Pasalnya,dalam hal pertahanan terdapat beberapa negara memiliki perjanjian khusus dengan negara yang pernah mendudukinya.

Berikut 8 negara yang tidak memiliki tentara dirangkum dari berbagai sumber

1. Islandia

Anggota NATO satu ini ternyata tak memiliki tentara. Ya, secara permanen memang Islandia tidak memiliki kekuatan militer.

Sebab, NATO bertanggung jawab atas pertahanan Islandia. Bahkan, sejak 2006, semua pasukan AS telah ditarik dari negara ini dan negara teraman ini berpartisipasi dalam misi perdamaian internasional dengan unit manajemen krisis Islandia Sipil.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

2. Monaco

Sebagai negara terkecil kedua di dunia Monaco juga masuk dalam jajaran negara yang tidak memiliki kekuatan militer. Sebagai gantinya, Prancis bertanggung jawab atas pertahanan negara yang terletak di pantai Mediterania Prancis.

3. Vatikan

Negara Kota Vatikan adalah negara enklaf yang dikelilingi tembok yang berbatasan langsung dengan kota Roma, Italia. Negara yang memiliki luas 44 hektar dan populasi sebanyak 842 jiwa ini menjadi negara independen terkecil di dunia yang diakui secara internasional.

Negara yang diperintah Uskup Roma ini memiliki pejabat tertinggi yang semuanya adalah klerus Katolik dari berbagai negara. Terkait keamanan dalam negeri dan perlindungan Sri Paus, dikerahkan angkatan bersenjata bernama Korps

Pasukan itu secara resmi berada di bawah otoritas Tahta Suci, bukan Negara Kota Vatikan. Tak ada perjanjian pertahanan apapun antara negara ini dengan Italia. Namun secara tak resmi, Angkatan Bersenjata Italia tetap melindungi negara pusat agama Katolik ini.

4. Kepulauan Marshall

Republik Kepulauan Marshall adalah negara kepulauan yang berlokasi di Samudra Pasifik bagian barat. Nama Marshall sendiri diambil dari seorang Kapten Inggris, John Marshall, yang mengunjungi kepulauan ini pada 1788.

Negara republik ini didirikan melalui perjanjian Compact of Free Association dengan Amerika Serikat yang berlaku sejak 1986. Oleh sebab itu, satu-satunya angkatan bersenjata yang diizinkan adalah kepolisian yang mengerahkan sebuah Unit

Lantaran difungsikan untuk keamanan dalam negeri saja, persenjataan Unit Surveilans Maritim pun sederhana. Kendati demikian, urusan pertahanan menjadi tanggung jawab Amerika Serikat di bawah Asosiasi Kerja Sama Bebas.

5. Andorra

Andorra termasuk satu dari 39 negara yang tidak memiliki tentara. Negara ini hanya memiliki pasukan khusus dalam jumlah kecil yang bekerja untuk kegiatan seremonial. Untuk mendapatkan perlindungan militer, Andorra menandatangani perjanjian dengan Spanyol dan Prancis.

6. Dominica

Negara Dominica ternyata tidak punya tentara sejak 1981. Pertahanan negara ini menjadi tanggung jawab sistem keamanan regional.

 7.Kiribati

Negara satu ini menjadi satu-satunya negara yang hanya memiliki polisi. Tugasnya mencakup Unit Pengawasan Maritim untuk keamanan internal.

Pengawasan Maritim itu dilengkapi dengan senjata ringan dan satu kapal patrol kelas Pasifik, Teanoai. Sementara bantuan pertahanan disediakan oleh Australia dan Selandia Baru berdasarkan perjanjian informal.

8. Hongkong

Hongkong menjadi salah satu negara yang tidak memiliki tentara dikarenakan Hong Kong bukan negara berdaulat, jadi memiliki tentara sendiri adalah melanggar hukum.Selain itu, pemerintah pusat telah menangani urusan militer dan diplomatik sejak serah terima sehinggatidak memiliki pengalaman tentang hal-hal tentara.

Itulah 8 negara yang tidak memiliki tentara, meski begitu negara di atas sangat aman.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini