Share

Gondol Kotak Amal Masjid, Anak Punk Pemabuk Ini Nyaris Diamuk Massa

Fani Ferdiansyah, Koran Sindo · Jum'at 07 Oktober 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 525 2682444 gondol-kotak-amal-masjid-anak-punk-pemabuk-ini-nyaris-diamuk-massa-DdAGIW0Nzc.jpg Illustrasi (foto: Okezone)

GARUT - Pemuda berinisial IM nyaris menjadi bulan-bulanan massa setelah aksinya mencuri kotak amal Masjid Agung Limbangan Kabupaten Garut dipergoki warga. Dalam keadaan mabuk, pria asal Kampung Cijolang RT01 RW02, Desa Cijolang, Kecamatan Limbangan, ini diketahui membawa kotak amal ke toilet masjid.

Panit II Reskrim Polsek Limbangan, Bripka Asep Suryana, menceritakan awal mula IM hampir diamuk massa. Mulanya aksi IM yang berpakaian layaknya anak punk itu diketahui oleh juru parkir yang curiga dengan gelagatnya.

"Kejadiannya sore hari, saksi juru parkir yang melihat aksi pelaku langsung memberitahu rekannya dan jemaah lainnya. Pelaku dipergoki membawa kotak amal dan sedang membukanya di toilet masjid," kata Bripka Asep Suryana, Kamis (6/10/2022).

 BACA JUGA:Beraksi di 20 TKP, 2 Residivis Kasus Pencurian Ditangkap

Keributan itu kemudian diketahui oleh seorang anggota polisi yang sedang menunaikan ibadah salat Ashar di Masjid Agung Limbangan tersebut.

"Salah seorang anggota kemudian mengamankan pelaku ini ke kantor untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

 BACA JUGA:Melawan dengan Senpi saat Ditangkap, Residivis Pencurian Ditembak Petugas

Berdasarkan pengakuan IM, lanjut Bripka Asep Suryana, ia melakukan aksinya tak sendiri. Selain itu, pelaku juga mengaku pernah melakukan aksi serupa di tempat yang sama di minggu lalu.

"Aksi di minggu lalu itu berhasil karena tidak ada yang mengetahui perbuatan IM," ucapnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Polisi pun akan mendalami kasus ini untuk mencari pelaku lain yang diduga terlibat. Petugas belum bisa mendapat keterangan jelas, karena kondisi IM tengah mabuk.

"Tentunya kasus ini akan kami tindaklanjuti dan masih akan memanggil saksi lainnya. Saat ini, pengakuan pelaku belum sepenuhnya jelas, karena kondisi sedang mabuk," jelasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, IM harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Limbangan. Petugas menjeratnya dengan Pasal 363 Juncti 53 KUHP. Akibat aksinya tersebut, pelaku bakal dijerat pasal 363 junto 53 KUHP tentang tindak pidana percobaan pencurian, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini