Share

Longsor di Lombok Utara, Puluhan Mobil dan Motor Terjebak

edy gustan, Koran Sindo · Senin 17 Oktober 2022 01:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 17 340 2688275 longsor-di-lombok-utara-puluhan-mobil-dan-motor-terjebak-Tbj5taAI3c.jpg Banjir dan longsor di Lombok Utara. (Ist)

LOMBOK UTARA - Lebih kurang 30 mobil dan ratusan pengendara sepeda motor di Pantai Nipah terjebak longsor dan banjir bandang yang melanda wilayah Kecamatan Pemenang, Lombok Utara. Mereka masih bertahan menunggu bantuan Minggu (16/10/2022) sejak pukul 17.00 wita.

Pengemudi bus tour and travel yang membawa tamu, Kuswadi mengaku terjebak longsor di kawasan Pantai Nipah. Menurutnya, longsor melanda kawasan Nipah dan Malimbo 2 sehingga kendaraan tidak bisa melintas baik menuju arah Senggigi atau sebaliknya kembali ke Lombok Utara.

"Saya terjebak sejak pukul 17.00 sore. Hingga saat ini ada sekitar 30 mobil dan lebih banyak lagi motor yang terjebak," ujar Kuswadi kepada MPI Minggu (16/10/2022).

Banjir bandang yang disertai longsor melanda kawasan wisata Senggigi dari Kerandangan mengarah ke Desa Malaka, Lombok Utara. Banjir bandang dan longsor itu mengakibatkan empat dusun di kawasan itu terdampak.

Tidak hanya bebatuan dan material tanah, sejumlah pohon dan tiang listrik juga tumbang. Kuswadi mengatakan sudah mengevakuasi sebagian tamunya ke Gili Trawangan sebelum kawasan itu dilanda banjir dan longsor parah.

"Sebagian tamu sudah saya evakuasi ke Gili Trawangan," ujarnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Kantor SAR Mataram sudah mengerahkan personil Pos Siaga SAR Bangsal, Potensi Barasiaga, bersama BPBD Lombok Utara, Bhabinkamtibnas Polsek Pemenang, Pemadam Kebakaran dan masyarakat terjun ke lokasi untuk memberikan bantuan evakuasi kepada masyarakat yang terjebak longsor.

"Kami segera menurunkan personel dari Pos Siaga SAR Bangsal untuk membantu mengevakuasi pengendara motor yang terjebak," kata Nanang, Kepala Kantor SAR Mataram.

Sebelumnya, Kepala Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara Ikhwan memaparkan bahwa ribuan masyarakatnya terdampak banjir bandang dan longsor. Peristiwa itu terjadi akibat tingginya intensitas hujan sejak siang hari.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini