Share

7 Pulau Terbesar di Dunia, Ada Berasal dari Indonesia

Rina Anggraeni, Okezone · Sabtu 05 November 2022 07:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 05 18 2701321 7-pulau-terbesar-di-dunia-ada-berasal-dari-indonesia-uEtzTdYw3C.jpg Ilustrasi (Foto:Vladi Private Indonesia)

7 pulau terbesar di dunia menarik untuk dibahas. Cukup banyak pulau di dunia yang sangat besar, dan banyak di antaranya adalah negara.

Salah satunya adalah Australia secara teknis adalah sebuah pulau karena tidak terhubung dengan daratan lainnya, tetapi lebih sering dianggap sebagai daratan kontinental. Dari tujuh benua, Australia adalah yang terkecil, dengan luas 2.969.976 mil persegi, atau 7.692.202 kilometer persegi. Namun, jika dianggap sebuah pulau, itu adalah yang terbesar di dunia. Namun masih ada pulau terbesar yang memililki luas wilayah yang besar.

Berikut 7 pulau terbesar di dunia dirangkum dari berbagai sumber:

1. Greendland

Pulau Greendland memiliki tiga kali ukuran Texas. Greenland adalah bagian dari Denmark dengan keindahan pulaunya yang luar biasa. Serta memiliki luas daratan mencapai 2,16 juta kilometer perseho.

Greenland terletak di ujung utara, tepatnya di sisi timur Teluk Baffin dan dekat dengan wilayah Kanada bagian utara.

Meskipun sangat luas, sekitar 1,8 juta kilometer persegi dari total keseluruhan pulau ini tertutup oleh es

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

2. Selandia Baru

Selandia Baru berada di posisi keenam karena memiliki luas wilayah 267.710 kilometer persegi. Luas wilayah ini menampung penduduk sebanyak 4.401.916 jiwa menurut data Juli 2014.

3. Papua Nugini

Papua Nugini juga masuk dalam pulau terbesar. Papua Nugini dengan luas 785.753 km persegi memiliki kedua sisi pantai Pulau populer sebagai tujuan menyelam terbaik di mana ribuan wisatawan mengunjungi setiap tahun. Di sini, Anda akan menemukan karang dan ikan berwarna-warni saat menyelam.

4. Borneo, Kalimantan

Pulau Kalimantan adalah Pulau terbesar dan satu-satunya Pulau di dunia yang terdiri dari tiga negara. Sebagian besar pulau ini bersama Indonesia, dan sebagian lagi dengan Brunei dan Malaysia. Juga, itu berisi puncak tertinggi bernama Gunung Kinabalu.

5. Madagaskar

Madagaskar bukan hanya pulau terbesar di dunia, tetapi juga pulau terbesar di Samudera Hindia dengan luas wilayah 587.713 km persegi. Pulau ini juga merupakan rumah bagi beberapa spesies unik dan satwa liar yang tidak biasa, yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

6. Pulau Baffin

Dengan luas wilayah 507.451 km persegi, Pulau Baffin adalah Pulau terbesar di Kanada. Negara ini memiliki banyak Fjord dan danau air tawar, dan banyak di antaranya berada di sepanjang pantai timur Georgian Bay saja.

7. Sumatra, Indonesia

Sumatra yang merupakan Pulau di Indonesia masuk dalam deretan pulau terbesar dunia dengan luas 443.066 kilometer persegi.

Pulau Sumatra ini terletak di sebelah utara dan timur Samudra Hindia serta sebelah selatan laut Andaman.

Di pulau ini juga terdapat banyak satwa liar, termasuk monyet, harimau sumatra, badak, hingga gajah.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini