Share

Danrem Reza Resmikan Pos Satgas Pamtas RI-PNG di Dusun Yakyu, Tempuh Perjalanan Pakai Perahu Ketinting

Tim Okezone, Okezone · Minggu 06 November 2022 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 06 340 2701934 danrem-reza-resmikan-pos-satgas-pamtas-ri-png-di-dusun-yakyu-tempuh-perjalanan-pakai-perahu-ketinting-HzOhwnBIfa.jpeg Foto: Penrem 174/ATW Merauke

MERAUKE - Danrem Brigjen TNI E. Reza Pahlevi selaku Dankolakops Korem 174/ATW beserta rombongan mengunjungi Pos Yakyu menggunakan Perahu Ketinting. Rombongan menyusuri rawa berliku dan berlumpur yang ditumbuhi pandan rawa, Sabtu (05/11/2022).

Terik matahari panas dan pakaian dinas basah karena percikan air, tidak menurunkan semangat Danrem beserta rombongan untuk tetap menuju Pos Satgas Pamtas RI-PNG yang baru. Pos yang baru berlokasi di RT 03 Yakyu Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Kab. Merauke. Pos tersebut kini ditempati oleh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/Dibyatara Yodha.

Dalam perjalanannya menuju Yakyu, Danrem Reza beserta rombongan menggunakan perahu Ketinting (perahu tradisional) dari Kampung Rawa Biru menyusuri rawa yang berliku dipenuhi dengan tumbuhan Pandan Rawa dengan jarak sekitar 20 Km dan waktu tempuh 1,5 jam untuk dapat sampai di Dusun Yakyu.

Setibanya di Dusun Yakyu, Dankolakops beserta rombongan disambut langsung oleh Kepala Suku (Ondoafi) Kampung Yakyu Dominikus Maiwa dengan tradisi penyambutan secara adat dan iringan tarian Suku Kanum dan didampingi Letda inf David Dwi selaku Danpos Yakyu Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY.

Dalam sambutannya, kepala kampung yang diwakili oleh Bamuskam mengucapkan selamat datang kepada Danrem beserta rombongan atas kedatangannya.

“Kami masyarakat Yakyu merasa senang karena adanya Pos Satgas di kampung kami,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Danrem Reza selaku Dankolakops di hadapan masyarakat Kampung Yakyu dan anggota Pos Yakyu menyampikan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada kesempatan ini bisa hadir beserta rombongan untuk meresmikan Pos yang dibangun oleh TNI.

“Apa yang telah dibangun ini kita harus jaga karena Kampung Yakyu ini merupakan wilayah kedaulatan NKRI. Dengan adanya pos ini masyarakat diharapkan dapat bekerjasama walapun Satgas ini hanya bertugas selama 9 bulan dan selalu ada pergantian personel satuan, diharapkan untuk tetap menjalin kerjasama,” ujarnya.

“Di samping itu, air yang ada di Kampung Rawa Biru ini merupakan sumber air bersih sehingga merupakan sarana penting yang digunakan se Kota Merauke. Makanya kita harus jaga bersama dan saling kerjasama selain bidang keamanan wilayah,” ungkapnya.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Usai memberikan sambutan, Brigjen TNI Reza Pahlevi meresmikan Pos Yakyu ditandai dengan pengguntingan pita serta menyaksikan tradisi penyiraman darah babi secara simbolis yang dilakukan oleh Dandim 1707/Merauke diiringi dengan tarian adat Suku Kanum masyarakat sekitar Kampung Rawa Biru.

Selanjutnya Dankolakops beserta rombongan yang terdiri dari para Kasi Korem 174/ATW, Dandim 1707/Merauke, Danyonif 511/DY, Danramil 1707-16 Sota, Kapolsek Sota, Kepala PLBN Sota dan Kepala Distrik Sota, melaksanakan peninjauan Pos Yakyu yang baru diresmikan, dilanjutkan pembagian sembako secara simbolis oleh Danrem 174/ATW kepada masyarakat Yakyu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini