Share

Usai Pasukan Rusia Mundur, Ukraina Klaim Temukan 4 Kamar Penyiksaan dan 63 Jenazah Warga Sipil dengan Tanda Bekas Disiksa

Susi Susanti, Okezone · Selasa 22 November 2022 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 18 2712325 usai-pasukan-rusia-mundur-ukraina-klaim-temukan-4-kamar-penyiksaan-dan-63-jenazah-warga-sipil-dengan-tanda-bekas-disiksa-di-kherson-1drO6NH2W3.jpg Perang Rusia-Ukraina masih terus berlanjut (Foto: Reuters)

UKRAINA - Jaksa Ukraina telah memberikan rincian tentang apa yang mereka temukan di empat kamar penyiksaan yang diduga di Kherson setelah pasukan Rusia meninggalkan kota selatan.

Mereka mengatakan orang-orang "disiksa secara brutal". Selain itu, mereka juga menemukan pentungan, peluru, dan alat penyetrum.

Dikutip BBC, pada pekan lalu, Ukraina mengatakan telah menemukan mayat 63 warga sipil dengan tanda-tanda penyiksaan di dekat Kherson. BBC juga berbicara dengan dua orang yang mengatakan mereka telah ditahan selama lebih dari sebulan di "ruang penyiksaan".

Baca juga: Video Tunjukkan Tentara Ukraina Eksekusi Tawanan Perang Rusia, PBB: Segera Selidiki!

Rusia membantah melakukan pelanggaran selama invasi.

Baca juga: Ukraina Berhasil Rebut Kembali Kherson Jadi Pukulan Telak Bagi Putin

Seperti diketahui, menurut Kementerian Pertahanan Inggris pasukan Rusia mulai mundur pada 22 Oktober lalu di bawah perlindungan evakuasi sipil. Ini mengartikan jika  Rusia telah kehilangan ibu kota administratif dari salah satu dari empat wilayah yang dicaplok secara ilegal pada September lalu.

 Rusia mengatakan sekitar 30.000 personel militer telah ditarik keluar dari Kherson. Termasuk sekitar 5.000 perangkat keras militer, persenjataan, dan aset lainnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kehidupan jutaan orang akan terancam di Ukraina pada musim dingin ini.

Dr Hans Henri P Kluge, Direktur regional WHO untuk Eropa mengatakan setengah dari infrastruktur energi Ukraina rusak atau hancur, dan 10 juta orang saat ini hidup tanpa listrik.

Peringatan itu datang saat salju turun di seluruh Ukraina dan suhu turun di bawah titik beku. Suhu diperkirakan akan turun hingga -20C (-4F) di beberapa daerah.

"Sederhananya, musim dingin ini adalah tentang bertahan hidup," kata Dr Kluge dalam konferensi pers di ibu kota Ukraina, Kyiv, dikutip BBC.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini